Cara Memahami Anak Susah Makan

Anak Susah Makan

Memahami Kebiasaan Anak Susah Makan - Setiap anak memiliki kebiasaan unik yang berbeda satu sama lainnya termasuk kebiasaan makan. Hal tersebut membuat orang tua kebingungan ketika anaknya susah makan, berbeda dengan anak anak temannya yang lain yang terlihat badannya berisi dan gampang saat diberi makan. Setiap anak mungkin saja membutuhkan makan yang banyak dan anak lainnya membutuhkan makan yang lebih sedikit pada waktu yang sama dalam satu hari.


Ada anak yang jarang mau makan banyak ketika malam hari namun anak tersebut banyak makan ketika pagi hari atau siang hari.  Kebiasan makan anak bisa menjadi salah satu penyebab dari susahnya makan anak. Selain itu ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab anak susah diberi makan untuk orang tua ketahui agar bisa mengatasi hal tersebut.


Penyebab Anak Susah Makan


1. Anak Mulai Susah Makan Ketika Berusia Diatas  1 Tahun

Seorang anak kemungkinan mulai menjadi susah makan (picky eater) ketika usianya mulai 1 tahun keatas. Jadi buat para orang tua baru jangan terlalu stress ketika memberika makan karena hal tersebut memang biasanya terjadi pada anak umuran tersebut. 


Pada umur mulai dari 1 tahun tersebut pertumbuhan anak menjadi sedikit lambat dari sebelumnya sehingga membuat selera makan anak berkurang jadi anak hanya mau makan sedikit.


2. Makan Merupakan Keterampilan Baru

Anak sudah terbiasa sebelumnya hanya minum susu jadi ketika memasuki usia mulai makan, makan merupakan keterampilan baru bagi anak dan anak jadi memilih makanan apa yang mau ia masukan ke mulutnya. Jangan bingung ketika pada hari pertama anak begitu semangat melahap makanan yang orang tua buat namun pada hari berikutnya anak menolak memakan makanan yang sama.


3.  Anak Perlu Waktu Terbiasa Makan Makanan Padat

Balita memerlukan waktu agar bisa terbiasa dengan tekstrur makanan, rasa dan warna makanan. Orang tua perlu memperkenalkan berbagai jenis makanan secara perlahan kepada anak sehingga setelah beberapa kali diberikan makanan tersebut anak akan mulai tertarik kepada makanan tersebut.


Semoga informasi mengatasi anak susah makan diatas bisa bermanfaat buat kita semua.

0 komentar:

Post a Comment