CocoroLife

Cara Merawat Buku Kesayangan Agar Tidak Rusak

 

Penyimpanan Box Arsip

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan. Jika kamu merupakan seseorang yang hobby membaca dan mengoleksi buku pastinya berkewajiban untuk menjaganya agar tidak rusak. Terutama jika di rumahmu terdapat perpustakaan mini, tentunya buku-buku koleksi kesayanganmu harusnya dirawat dengan baik. Sama halnya dengan dokumen-dokumen penting, penyimpanan box arsip, pun buku-buku koleksimu tidak boleh asal dalam merawatnya. Untuk itu simak cara di bawah ini agar buku kesayanganmu tidak rusak


1. Sampul Buku

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga buku agar awet dan tidak rusak adalah dengan menyampulkannya. Sampulkan buku dengan sampul plastik, atau sampul bening yang tebal agar lebih awet dan tahan air. Buku yang di sampul juga dapat mencegahnya dari jamur dan kertas yang menguning. Perhatikan juga jangan sampai menyapunya terlalu ketat karena akan dapat melipat buku serta merobeknya. Setelah membeli buku baru, lebih baik kamu langsung membungkusnya dengan sampul ya.


2. Letakkan Berdiri di Rak

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga buku kesayangan adalah meletakkannya di rak buku secara vertikal. Jangan menyimpan buku secara menumpuk karena dapat dengan mudah rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena kertas yang saling menempel dan memudarkan tinta, kertas menjadi lembap, hingga menimbulkan jamur pada kertas. Posisi buku yang berdiri akan memberikan udara jalan untuk masuk ke sela-sela buku. Menyimpan buku pada rak buku juga bisa membuat kualitas buku tetap bagus. Selain itu, koleksi buku Anda juga tersusun dengan rapi sehingga mudah mencarinya.

Usahakan jangan menyimpan koleksi buku di dalam kardus karena dapat menyebabkan kertas menjadi kuning. 


3. Gunakan Kamper

Meskipun buku sudah diberi sampul dan disimpan di dalam rak buku selanjutnya harus dikasih kamper dan silica gel. Penggunaan silica gel mencegah buku-buku Anda menjadi lembab serta penggunaan kamper berguna agar terhindar dari rayap dan ngengat. Pasalnya, bau kamper bisa membuat serangga tidak mau mendekat. Jika Anda tidak memiliki kamper, kamu bisa gunakan biji lada putih sebagai alternatifnya. Masukkan ke dalam kain, kemudian simpak di dalam rak buku.


4. Bersihkan Dari Debu dan Kotoran

Simpanlah buku pada tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik, hindari menyimpan buku di tempat lembab serta terkena cahaya sinar matahari secara langsung. Hal tersebut tentunya dapat membuat kertas menjadi kuning dan rusak. Poin penting lainnya agar buku tidak mudah rusak dan berjamur adalah dengan rajin membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Selalu bersihkan rak atau alas yang menjadi tempat penyimpanan buku dari debu agar buku tidak mudah lapuk dan tetap terlihat baru. Sesekali keluarkan buku dari rak dan biasakan menukar letak buku. Biarkan buku menghirup udara bebas sejenak. Biasakan sesekali buka dan baca buku-buku lamamu kembali, agar tiap lembarannya tidak menempel.


Itulah 4 tips dan cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga buku kesayangan kamu agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga tipsnya dapat membantu, selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment