Mengapa Rambut Sering Rontok Saat Disisir?

 

Mengapa Rambut Sering Rontok Saat Disisir

Masalah kerontokan rambut seringkali diremehkan karena dianggap sebagai hal yang alami dan dialami oleh banyak orang. Memang, rambut rontok ini bisa dialami oleh siapa saja namun kita perlu tahu penyebabnya. Lalu, mengapa rambut sering rontok saat disisir? Kerontokan yang normal biasanya hanya 50-100 helai per hari. Adapun penyebabnya yaitu.


Mengapa Rambut Bisa Mengalami Kerontokan

Pada dasarnya kerontokan rambut adalah hal yang wajar terjadi pada manusia. Memang, rambut rontok adalah proses alami yang pasti dialami seseorang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih lagi pertumbuhan dan perkembangan rambut manusia berlangsung dalam siklusnya sendiri. 


Sebelum rontok, rambut manusia terlebih dahulu melewati beberapa tahap. Tahap pertama, disebut anagen, adalah tahap di mana serat rambut mengalami pertumbuhan aktif. Selama fase ini, rambut akan terus tumbuh dan memanjang seiring waktu.


Setelah itu, rambut akan melalui fase katagen atau disebut juga fase istirahat. Selama fase ini, rambut akan mulai berhenti tumbuh. Terakhir, fase telogen, yang juga merupakan penyebab alami kerontokan rambut manusia. Pada tahap ini, rambut benar-benar berhenti tumbuh. 


Rambut yang mati kemudian akan rontok dengan sendirinya. Selain itu, siklus tersebut akan terus berulang hingga orang tersebut meninggal. Namun, jika kerontokan rambut berlangsung terus-menerus dan berkepanjangan, penyebabnya mungkin tidak semata-mata karena efek dari siklus alami ini.


Ciri-ciri & Penyebab Rambut Rontok yang Wajar


1. Kerontokan Hanya 50-100 Helai per Hari

Rata-rata manusia memiliki sekitar 100rb – 150rb helai rambut atau bahkan lebih. Dengan cara ini, jika dalam sehari beberapa helai rambut rontok dan putus dari akarnya, itu sangat wajar. Selama rambut rontok tidak terlalu terlihat. Karena fase telogen yang dilalui setiap rambut berbeda-beda. Jika penyebab kerontokan rambut memang karena tahap ini, maka jumlahnya bisa diabaikan.


2. Rambut Disisir dalam Kondisi Basah

Rambut kering dan kaku bisa menjadi masalah saat Anda pergi ke pesta. Selain sulit ditata, rambut kering juga akan membuat penampilan Anda kurang maksimal. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menata rambut dan mengikuti tutorial rambut pesta, berikan terlebih dahulu perawatan ekstra pada rambut Anda berupa vitamin. Ini sangat penting jika Anda memiliki rambut kering. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menata rambut sesuai keinginan.


3. Tidak Rontok Berlebihan di Bantal

Saat bangun tidur, perhatikan bantal yang Anda gunakan. Lihat apakah ada banyak rambut rontok yang tertinggal di sana. Jika jumlah kerontokan rambut tidak melebihi 8-10 helai rambut dan tidak terjadi terlalu sering, maka dapat digolongkan normal.


4. Kerontokan Setelah Melahirkan

Selama kehamilan, rambut wanita akan lebih sedikit rontok karena peningkatan hormon estrogen dalam tubuh dan berdampak pada memperpanjang umur rambut. Namun, setelah melahirkan, hormon estrogen akan kembali normal sehingga menyebabkan rambut rontok lebih banyak dari biasanya. Kehilangan ini normal dan biasanya akan berlangsung 5-6 bulan setelah lahir.


5. Kerontokan Akibat Pengaruh Musim

Perubahan musim juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Di musim panas, rambut lebih rentan patah dan rontok karena kulit kepala menjadi lebih kering. Saat musim dingin dimulai, situasi ini secara otomatis akan berubah dan rambut rontok secara bertahap akan berkurang. Anda bisa mengatasi rambut rontok saat musim panas dengan selalu memakai topi saat keluar rumah.


Itulah penyebab mengapa rambut sering rontok saat disisir yang normal. Jika kerontokan rambut Anda juga tidak terkendali, tidak ada salahnya mencoba TRESemm√© Hair Loss Control Shampoo and Conditioner. Diformulasikan khusus dengan minyak biji chia dan vitamin amino, produk ini dapat membantu mengurangi kerontokan rambut hingga 98%. Rambut akan menjadi lebih sehat. 

0 komentar:

Post a Comment