CocoroLife

Ide Mengolah Sampah Rumah Tangga Secara Mandiri

 

Mengolah Sampah

Permasalahan sampah menjadi salah satu problem yang senantiasa berulang dan tidak mudah untuk diselesaikan. Sampah yang menumpuk dan mengeluarkan bau tak sedap menjadi isu yang terus menggema dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, diperlukan kesadaran secara individu untuk mengolah sampah secara mandiri demi mengurangi permasalahan tersebut.


Sebenarnya, masing-masing keluarga bisa berperan dalam pengelolaan sampah tersebut. Hal ini cukup beralasan karena pengolahan sampah rumah tangga bisa dilakukan tanpa menggunakan teknologi yang canggih.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa ide pengolahan sampah yang bisa dilakukan keluarga dengan cukup mudah. Apa saja ide tersebut? Simak ulasannya!


Ragam Ide Mengolah Sampah Rumah Tangga

Seperti yang disinggung sebelumnya, pengolahan sampah rumah tangga bisa dilakukan dengan beberapa ide yang cukup mudah tanpa adanya teknologi yang canggih. Adapun beberapa ide pengolahan sampah tersebut yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:


1) Mengolah sampah menjadi pupuk

Ide pengolahan sampah pertama yang bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga adalah mengolah sampah menjadi pupuk. Cara pengolahan sampah ini bisa dilakukan pada jenis sampah organik yang berasal dari sisa makanan yang dikonsumsi.


Nah, nantinya, sampah tersebut bisa diolah untuk menjadi pupuk kompos dengan cara dan alat yang sederhana. Meskipun memiliki bau yang cukup menyengat, namun pupuk kompos tersebut bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman dengan sangat baik.


2) Membuat eco-brick 

Pernah mendengar tentang eco-brick sebelumnya? Dalam artian singkat, eco-brick adalah botol plastik yang diisi dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan dan bisa dipakai kembali. Bisa dikatakan jika cara ini termasuk salah satu langkah terbaik untuk mengolah sampah agar tidak berujung di tempat pembuangan akhir.


Tentu, dengan membuat eco-brick, maka Anda juga sudah turut berusaha untuk mencegah sampah yang ada di dalam botol plastik melepaskan CO2 dan meningkatkan pemanasan global. Eco-brick sendiri bisa digunakan untuk perabotan indoor, dinding struktur, dan lainnya.


3) Menerapkan prinsip 3R

Pengolahan sampah rumah tangga secara mandiri juga bisa dilakukan dengan menerapkan prinsip 3R atau reuse, reduce dan recycle. Bisa dikatakan jika prinsip 3R ini merupakan perpanjangan tangan dari pemisahan sampah yang disesuaikan dengan jenisnya. 


Sebagai contoh, prinsip 3R bisa diterapkan pada sampah botol mineral. Dalam hal ini, selain mengurangi penggunaan botol air mineral, botol bekas yang dimiliki bisa digunakan kembali untuk menjadi vas bunga atau hiasan dinding lainnya.


4) Menggagas ide bank sampah

Bank sampah juga bisa dijadikan ide yang tepat untuk mengolah sampah. Dengan adanya bank sampah, maka sampah nantinya selain dipilah, juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup menarik. Sebagaimana diketahui bahwa sampah plastik nantinya akan didaur ulang dalam skala besar.


Jika Anda tidak bisa menjalankan ide bank sampah tersebut di masyarakat, maka Anda bisa memulainya di rumah sendiri. Mulai dengan memisahkan sampah dan nantinya jual sampah yang bisa didaur ulang tersebut.


5) Mengurangi sampah sesuai kemampuan 

Permasalahan sampah bisa berkurang jika masing-masing individu berusaha untuk mengurangi sampah. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda juga turut berupaya mengurangi sampah sesuai kemampuan.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi produksi sampah tersebut. Misalnya, membiasakan membawa tumbler untuk tempat air minum, membawa tas sendiri saat belanja dan lainnya.


Beberapa hal di atas adalah ide terkait mengolah sampah rumah tangga secara mandiri yang bisa Anda lakukan. Tentu, dengan konsistensi yang tinggi, bisa jadi Anda akan memiliki peran untuk mengurangi permasalahan sampah yang tak kunjung selesai.

0 komentar:

Post a Comment