Cara Mengatur Keuangan Milenial Untuk Kondisi Finansial yang Lebih Stabil

 

Mengatur keuangan

Memiliki kondisi finansial yang cenderung stabil tentu menjadi dambaan bagi semua pihak, termasuk pada milenial atau anak muda. Memang, secara umum, anak muda cenderung lebih susah untuk memiliki kondisi finansial yang stabil karena beragam faktor. Namun, dengan mengetahui cara mengatur keuangan milenial, tentu stabilitas finansial bisa dicapai.


Perlu ditekankan bahwa mereka yang kaya bukan hanya mereka yang memiliki penghasilan yang besar. Namun, mereka yang bisa mengatur keuangan dengan baik, juga memiliki peluang untuk mendapatkan kekayaan yang didambakan. Nah, jika para millennial sadar dan mulai mengatur keuangan, bukan tidak mungkin mereka akan memiliki kehidupan lebih baik di masa depan.


Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan para millennial untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Penasaran? Simak ulasannya!


Cara dan Tips Mengatur Keuangan Milenial 

Ada cukup banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk mengatur keuangan sejak dini demi memiliki kondisi finansial yang jauh lebih stabil. Beberapa cara yang direkomendasikan dan bisa menjadi pilihan diantaranya adalah sebagai berikut:


1) Membuat anggaran bulanan

Pengaturan kondisi keuangan bisa dilakukan dengan cara membuat anggaran bulanan terlebih dahulu. Ini adalah hal yang sangat penting karena faktanya, anggaran bulanan yang dibuat mampu menjadi controller agar pengeluaran lebih tertata dengan rapi.


Lantas, bagaimana cara untuk membuat anggaran bulanan?


Secara singkat, Anda bisa membuat anggaran bulanan di awal bulan atau sebelum Anda nantinya menggunakan penghasilan untuk belanja. Tentu saja, sebaiknya, mulai dari pengeluaran rutin seperti membayar tagihan atau lainnya untuk membuat skala prioritas. 


2) Menyisihkan penghasilan untuk menabung

Menabung adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk mengatur keuangan. Mindset ini harus ditanamkan, terutama untuk milenial yang cenderung lebih suka jajan.


Sekilas, menabung mungkin termasuk perkara sepele. Namun, untuk mengatur keuangan dengan lebih baik, Anda harus memiliki anggaran tersendiri untuk menabung, bukan menabung dari sisa anggaran. Dengan konsep seperti ini, tentu Anda nantinya akan memiliki hasil tabungan yang lebih maksimal.


3) Mencatat pengeluaran

Agar kondisi keuangan stabil, maka mencatat pengeluaran adalah hal penting yang harus dilakukan. Tentu, dengan adanya catatan pengeluaran, maka Anda akan mengetahui ke mana saja uang yang dimiliki digunakan. Selain itu, catatan pengeluaran juga bisa dijadikan alat kontrol untuk membatasi pengeluaran yang tidak terlalu penting.


Meskipun terdengar remeh, namun faktanya, banyak orang yang tidak bisa melakukan pencatatan pengeluaran secara regular. Nah, saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang bisa dijadikan alat bantu untuk mencatat pengeluaran dengan lebih mudah.


4) Membuat dua rekening bank

Memiliki dua rekening bank atau lebih juga bisa dijadikan solusi untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Hal ini cukup beralasan karena nantinya Anda bisa memisahkan uang guna memenuhi kebutuhan serta tabungan.


Salah satu masalah yang kerap dihadapi milennial terkait pengaturan keuangan adalah uang yang bercampur sehinga semua uang akan terpakai. Nah, cobalah buat dua rekening bank untuk memisahkan uang yang dimiliki agar tidak bercampur dan cenderung lebih mudah untuk mengatur prioritas penggunaan. 


Beberapa hal di atas bisa menjadi rekomendasi cara mengatur keuangan milennial yang bisa dilakukan. Tentu, selain cara di atas, masih ada beragam strategi lain yang bisa diterapkan. Misalnya saja, menyisihkan uang untuk investasi ataupun bijak dalam menggunakan kartu kredit. Hanya saja, kunci dari keberhasilan strategi tersebut adalah Anda harus melakukannya dengan konsisten.


0 komentar:

Post a Comment