Mengenal Customer Research dan Peran Pentingnya Bagi Startup

 

Customer Research

Ketika menjalankan sebuah bisnis, konsumen adalah salah satu faktor yang sangat penting dan berpengaruh pada pertumbuhan bisnis tersebut. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa customer research atau riset konsumen harus dilakukan.


Seiring dengan pentingnya faktor konsumen, riset akan membantu Anda untuk mengenal calon konsumen jauh lebih dalam. Tentu, dengan pemahaman yang lebih baik, nantinya Anda bisa menerapkan strategi bisnis yang tepat dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.


Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal penting terkait riset konsumen dan bagaimana cara untuk melakukannya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!


Sekilas Tentang Customer Research

Secara singkat, customer research atau riset konsumen adalah praktik yang dilakukan untuk mengidentifikasi motivasi, preferensi dan juga perilaku dari target konsumen. Dengan proses tersebut, karakteristik yang mirip dari kelompok konsumen nantinya bisa diidentifikasi serta dikategorikan dalam segmen yang sama.


Hasil atau data yang didapatkan dari proses identifikasi tersebut nantinya bisa dijadikan dasar pembuatan iklan pemasaran dengan target segmen tertentu. Dengan demikian, bisa dikatakan jika riset adalah kunci untuk membantu Anda mendapatkan target konsumen yang lebih jelas untuk konversi transaksi yang lebih tinggi. 


Peran Penting Customer Research Bagi Startup

Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama internet yang semakin signifikan saat ini, startup bisa dikatakan sebagai salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Akses yang tidak terbatas serta jangkauan konsumen yang sangat luar membuat bisnis ini banyak dijadikan target untuk mendapatkan keuntungan.


Meskipun terdengar menjanjikan dan memiliki prospek yang baik, namun bagi pelaku bisnis startup, melakukan riset konsumen tetap diperlukan. Adanya persaingan yang sangat ketat pada bisnis startup menjadi alasan kenapa Anda sebagai pelaku bisnis harus melakukan riset.


Selain itu, riset konsumen juga memiliki peran penting untuk peningkatan atau perkembangan bisnis itu sendiri. Sebagaimana diketahui, tren yang terjadi pada konsumen bisa jadi berubah dari waktu ke waktu. Nah, dengan melakukan riset, Anda bisa melakukan penyesuaian yang lebih baik untuk mengetahui apa yang sedang diinginkan oleh konsumen. 


Bagaimana Cara Melakukan Customer Research?

Secara umum, ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk sebuah riset konsumen, mulai dari menggunakan catatan harian hingga dengan menggunakan metode pengumpulan data yang lebih terstruktur. 


Dalam skala yang lebih besar, mengumpulkan data cenderung lebih disarankan. Meskipun perlu trial and error serta persiapan yang matang, namun hasil yang didapatkan pun akan cenderung sepadan.


Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan data terkait riset konsumen. Beberapa metode tersebut adalah sebagai berikut:


1) Wawancara

Wawancara bisa menjadi metode customer research yang cukup efektif untuk mengetahui minat dari calon konsumen, meskipun di sisi lain metode ini juga menguras waktu. Dengan melakukan wawancara, bahkan Anda nantinya juga bisa mendapatkan beragam masukan terkait produk yang ditawarkan untuk pengembangan yang lebih lanjut.


2) Survei

Survei juga bisa dijadikan opsi metode customer research dan termasuk salah satu yang populer. Sekilas, survei mirip dengan metode wawancara. Namun, metode yang satu ini cenderung memiliki jangkauan yang jauh lebih luas serta bisa dilakukan dengan ragam cara yang berbeda, seperti menggunakan telepon, memanfaatkan email dan lainnya.


Beberapa hal di atas adalah apa yang sebaiknya diketahui tentang customer research. Dengan perannya yang sangat penting, Anda perlu melakukan riset konsumen agar bisnis bisa berjalan lebih baik. Tentu saja, riset tidak hanya dilakukan sekali. Ikuti tren yang berkembang dan lakukan riset secara berkala untuk mendapatkan insight yang lebih riil dari target konsumen.



0 komentar:

Post a Comment