CocoroLife

Tak Hanya Salah Posisi Tidur, Berikut 5 Penyebab Penyakit Pada Otot Manusia

 

Penyakit Otot

 

Nyeri otot memang sering terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Penyakit yang sering ditimbulkan dari peradangan otot ini tidak bisa di anggap remeh. Karena bisa saja berdampak buruk dan mengakibatkan gejala serius pada organ tubuh lainnya. Selain posisi tidur yang salah, berikut 5 kebiasaan yang menyebabkan penyakit pada otot manusia. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut


Kebiasaan yang Menyebabkan Nyeri Otot


1. Olahraga yang Salah

Olahraga merupakan kebiasaan baik yang bisa kita lakukan setiap hari untuk mengatur pola hidup sehat. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan ini juga berakibat fatal jika dilakukan tanpa pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sebelum melakukan olahraga sangat penting untuk peregangan otot sebelum menjalankan aktifitas yang berat seperti berlari, berenang dan yang lainnya.


Fungsi pemanasan tersebut juga dapat mengurangi resiko cedera pada otot kaki maupun lengan tangan. Melakukan olahraga tanpa aktifitas pemanasan terlebih dahulu, dapat memicu gejala peradangan pada sendi dan otot Kita. Sehingga rasa sakit dan nyeri tersebut dapat mengganggu aktifitas olahraga yang sedang kita jalankan. Untuk itu, pemanasan sangat penting dilakukan sebelum olahraga.


2. Duduk Terlalu lama

Adapun salah satu kebiasaan yang menyebabkan penyakit pada otot manusia yakni, duduk terlalu lama. Duduk yang terlalu lama seperti berjam-jam dengan posisi yang salah juga dapat memicu nyeri otot, nyeri punggung, dan juga nyeri pada tulang belakang. Berdampak pula pada ketegangan otot seperti otot leher, otot bahu, otot lengan, otot punggung, dan juga otot betis. 


Jika kebiasaan ini sering dilakukan dalam jangka panjang, maka akan menimbulkan gejala penyakit yang serius. Seperti saraf kejepit, karena adanya dampak yang ditimbulkan dari peregangan otot punggung. Kondisi saraf yang tertekan akibat duduk terlalu lama juga dapat memicu kram otot, kesemutan, hingga parahnya dapat mengalami kelumpuhan pada saraf tertentu. 


3. Mengangkat Beban Terlalu Berat

Selanjutnya ada kebiasaan yang menyebabkan penyakit pada otot manusia yaitu mengangkat beban terlalu berat. Kebiasaan ini sering terjadi dan dilakukan oleh para pekerja berat. Aktifitas ini seringkali menjadi pemicu nyeri otot dan juga sendi karena terlalu banyak dan berat beban yang dibawa oleh seseorang ketika bekerja. Nyeri otot dan sendi yang terjadi biasanya terdapat pada bagian lengan dan juga bahu.


4. Salah Posisi Saat Membawa Tas

Sama halnya dengan membawa beban yang terlalu berat, cara membawa tas yang tidak sesuai dengan posisi yang salah juga mampu memicu nyeri otot atau sendi. Tas memang dibuat dengan bentuk dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Seperti cara membawa tas jinjing dengan posisi tangan dibiarkan kebawah, akan membuat otot lengan, tangan, dan bahu akan terasa sakit. 


5. Stres Berlebih

Stres berlebihan ternyata dapat memicu ketegangan pada saraf otot.  Stres fisik maupun stres mental dapat berpengaruh pada kesehatan otot manusia. Reaksi tersebut memicu otak dan juga ketegangan otot yang secara spontan ketika Anda sedang stres. Anda perlu menghindari kebiasaan yang menyebabkan penyakit pada otot manusia ini karena, selain cedera otot juga dapat mengganggu kondisi psikis dan mental.


Kebiasaan-kebiasaan di atas  sering terjadi disekitar kita. Maka ada baiknya jika kita melakukan pola hidup sehat dengan menambah asupan nutrisi dan juga menghindari kebiasaan buruk yang menyebabkan kejang pada otot kita. Meski tetap menjalankan kebiasaan tersebut, ada baiknya kita mencegah dan juga mengobati segera agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh lainnya.

0 komentar:

Post a Comment