Apa Itu Datang Bulan: Beragam Hal Penting Untuk Diketahui

 

Datang Bulan

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul terutama dari wanita yang beranjak balig adalah apa itu datang bulan. Ya, datang bulan atau haid adalah salah satu tanda jika wanita sudah masuk dalam periode balig dalam pertumbuhan mereka. Tentu, ketika haid sudah tiba, maka tubuh wanita sudah memproduksi sel telur.


Nah, menggali beberapa informasi tentang datang bulan atau haid adalah hal yang cukup penting. Dengan informasi yang diketahui, tentu saja nantinya seorang wanita akan memiliki bekal pengetahuan yang cukup terutama terkait apa yang harus dilakukan ketika haid.


Beberapa hal penting yang perlu diketahui perihal datang bulan atau haid diantaranya adalah sebagai berikut:


Haid pertama disebut menarche 

Apakah Anda pernah mendengar istilah untuk menstruasi atau haid yang pertama kali terjadi? Nah, perlu diketahui bahwa haid yang terjadi pertama kali disebut dengan menarche. Istilah tersebut mungkin banyak tidak diketahui oleh wanita.


Nah, menarche sangat dipengaruhi dengan beberapa hal. Beberapa hal seperti keturunan, bentuk tubuh gizi yang dikonsumsi dan lainnya memiliki peran penting terkait terjadinya menstruasi tersebut.


PMS dan haid adalah hal yang berbeda

Dalam pembahasan mengenai apa itu datang bulan, maka ada istilah PMS yang kerap kali mengikuti. Namun, perlu diketahui bahwa PMS dan haid adalah dua hal yang berbeda.


PMS merupakan gejala yang muncul sekitar satu pekan sebelum haid terjadi. Setiap wanita umumnya mengalami gejala ini yang ditandai dengan perubahan mood yang cukup cepat.


Sedangkan haid adalah pendarahan bulanan dari wanita. Istilah ini menjelaskan tentang proses keluarnya darah dari dinding rahim sebagai mekanisme pembuangan sel telur yang tidak dibuahi.


Siklus haid yang normal

Haid akan terjadi pada siklus tertentu. Dalam hal ini, siklus haid yang normal adalah 21 hingga 35 hari untuk seseorang yang berusia lebih dewasa. Sedangkan siklus yang berbeda terjadi pada remaja muda dengan periode haid 21 hingga 45 hari. 


Nah, beberapa hal di atas adalah ulasan tentang apa itu datang bulan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment