Yuk Intip Serba Serbi Mengenai Interval Training

 

Interval Training

 

Meluangkan waktu untuk berolahraga di sela sela kesibukan sangatlah penting. Pasalnya dengan rajin berolahraga, akan menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar. Tidak perlu berlama lama, olahraga juga dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit, contohnya dengan melakukan interval training. Ingin tahu lebih dalam mengenai olahraga satu ini? Simak ulasannya disini.


Sekilas Mengenai Latihan Yang Satu Ini

Olahraga satu ini merupakan aktivitas yang dilakukan dengan waktu singkat sekitar 30  detik dan intensitas yang tinggi. Setelah itu, diselingi dengan latihan intensitas rendah dengan waktu yang lebih lama sekitar 1 sampai 2 menit. Contohnya saja, latihan diawali dengan gerakan berjalan santai kemudian diselingi dengan jalan yang cepat di waktu yang singkat.


Tidak hanya intensitas, pengulangan juga menjadi suatu hal yang penting dalam latihan interval. Misalnya saja anda melakukan lari cepat selama 20 detik kemudian dilanjutkan dengan berjalan santai selama kurang lebih 60 detik. Setelah itu gerakan tersebut diulangi selama empat atau lima kali berturut turut. 


Macam Macam Latihan Interval

Bagi sebagian orang yang memiliki jadwal pekerjaan padat, menyempatkan kegiatan olahraga memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, saat ini anda tidak perlu khawatir lagi karena interval training bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun, bahkan anda bisa melakukannya hanya dengan di rumah saja. 


Macam latihan interval yang pertama adalah burpees. Jenis latihan yang satu ini terbilang cukup sederhana tetapi sangat efektif untuk menguatkan dan melatih tubuh, khususnya pada sistem kardiovaskular. Latihan jenis yang satu ini dimulai dengan posisi berdiri tegak, kemudian jongkok dan tangan diletakkan di lantai yang posisinya berada di depan tubuh. 


Kemudian kaki ditendangkan ke belakang secara cepat dan dada diturunkan hingga menyerupai gerakan push up. Lalu dada di naikan kembali ke dalam posisi jongkok, berdiri dan gerakan lompatan. Dalam satu set gerakan yang satu ini dilakukan selama lima belas kali. Sedangkan jenis latihan interval yang kedua adalah metode tabata.


Metode tabata pertama kali diperkenalkan oleh seorang peneliti yang berasal dari jepang. Dari hasil penelitiannya tersebut, metode interval training satu ini bisa menambah intensitas energi seseorang. Pada jenis yang satu ini beberapa macam gabungan gerakan dilakukan selama 20 menit. Gerakan tersebut antara lain adalah  plank, squat, jumping jack, hingga push up.


Manfaat Dari Latihan Interval 


1. Dapat Membakar Banyak Kalori

Saat melakukan kegiatan latihan interval dengan intensitas tinggi dan cepat, glikogen dalam otot akan terbakar di dalam tubuh. Sedangkan jika melakukan latihan interval dengan kecepatan yang rendah, karbohidrat dalam tubuh akan terbakar. Sehingga, semakin banyak waktu yang anda sempatkan untuk melakukan kegiatan ini maka kalori yang terbakar juga semakin banyak. 


2. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Selain dapat membakar kalori, latihan interval juga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan kardiovaskular yang menjadikan tubuh anda semakin kuat pada saat melakukan olahraga yang lama. Terlebih, tubuh juga akan mampu melakukan olahraga yang memiliki intensitas lebih tinggi.  


3. Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Karena dengan melakukan interval training dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan kardiovaskular, maka beberapa resiko penyakit dapat dihindarkan. Penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit diabetes, merupakan berbagai macam penyakit yang bisa dihindari saat anda rutin melakukan kegiatan latihan interval. 


Itulah sekilas informasi mengenai latihan interval yang dapat anda terapkan di rumah. Memiliki kesibukan pekerjaan bukanlah suatu penghalang untuk tidak melakukan olahraga. Mengingat olahraga sangatlah penting, maka maksimalkanlah waktu anda dengan melakukan latihan interval supaya tubuh tetap sehat. 


1 komentar:

  1. To participate in Texas Hold'em tournament 1XBET or contest, a participant have to be at least of|no much less than} 18 years old. States haven't been notably lively in implementing these legal guidelines, presumably due to of} a conflict with the dormant Commerce Clause doctrine. That doctrine theorizes that state regulation applying to commerce outdoors the state’s borders is unconstitutional as a result of|as a end result of} that power lies with federal, not state, authorities.

    ReplyDelete