Ingin Tahu Penyebab Bau Mulut? Yuk Simak Disini!

 

Penyebab Bau Mulut


Bau mulut sering sekali membuat seseorang akan tidak percaya diri pada saat berbicara pada orang lain. Walaupun hal ini bukan masalah medis yang serius, namun anda akan merasa terganggu dengan bau mulut anda. Oleh karena itu, anda harus tahu apa penyebab bau mulut busuk yang anda alami saat ini. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya bau mulut!


Berbagai Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

1. Dehidrasi

Penyebab pertama bau yang terjadi pada mulut adalah kurangnya konsumsi air untuk tubuh. Hal ini akan menyebabkan anda dehidrasi. Jika ini telah terjadi, maka produksi air liur anda akan berkurang juga. Pasalnya, air liur yang telah diproduksi oleh lidah anda akan dapat membunuh bakteri-bakteri yang tinggal pada mulut.


Oleh karenanya, apabila anda kurang minum sehingga kekurangan air liur maka akan membuat mulut anda kering dan akan banyak bakteri yang hinggap di sela-sela gigi atau lidah anda. Bakteri tersebut akan menghasilkan gas sulfur yang menjadi penyebab bau mulut busuk. Ketika bau mulut menyerang, anda akan merasa tidak tenang.


Untuk itu cara mengatasinya adalah dengan selalu membawa botol minuman kemanapun anda pergi. Selain itu, pastikan juga tubuh anda telah mengkonsumsi cukup air yang dapat menghindari masalah dehidrasi dan napas bau ini. Biasanya kadar air yang dibutuhkan oleh orang dewasa dalam seharinya adalah sekitar 2 liter.


2. Rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab napas dan bau mulut yang paling umum. Para perokok biasanya akan lebih mempunyai tingkat risiko yang tinggi untuk terjangkit penyakit gusi. Disamping itu, tar yang terdapat pada rokok tersebut akan membuat gigi anda bisa menguning. Hal-hal tersebut tentunya akan membuat mulut anda berbau tidak sedap.


Agar hal tersebut tidak terjadi, anad dapat mengantisipasinya dengan tidak merokok. Namun, apabila anda adalah pecandu rokok, maka anda dapat mengurangi untuk merokok sedikit demi sedikit. Tidak hanya sebagai penyebab bau mulut busuk, rokok juga dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan anda.


3. Asam Lambung

Penyebab bau mulut yang berikutnya adalah penyakit asam lambung. Asam lambung atau disebut juga dengan maag merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada perut anda. Ketika sedang sakit maag, biasanya akan membuat perut anda sakit. Itu artinya asam lambung naik ke tenggorokan dan menjadi penyebab bau pada mulut yang tidak enak.


Dengan begitu, anda diharapkan untuk menghindari agar asam lambung pada perut tidak naik. Caranya adalah dengan selalu menyediakan obat sakit maag yang dapat menetralisir kondisi perut anda. Anda juga dapat menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan sakit maag seperti coklat dan alkohol.


4. Teknik Sikat Gigi yang Salah

Teknik sikat gigi yang salah dapat menjadikan penyebab bau mulut busuk. Oleh karena itu, disarankan agar dapat menyikat gigi dengan benar dan membuat perubahan besar untuk kesehatan mulut anda. Caranya adalah dengan menyikat gigi selama 2 menit secara menyeluruh pada bagian dalam, luar, dan juga permukaan gigi. Anda juga bisa memakai pasta gigi berkualitas tinggi.


5. Lidah Kurang Bersih

Bukan hanya kebersihan gigi saja, melainkan juga kebersihan lidah yang juga perlu diperhatikan. Karena struktur lidah yang kasar dan penuh akan sisa makanan dalam ukuran yang sangat kecil, membuat lidah banyak ditumbuhi oleh bakteri. Untuk itu, gosoklah dan bersihkan lidah anda dengan lembut dan dengan satu gerakan yang menarik dari tenggorokan ke ujung lidah.


Bau mulut merupakan hal yang sangat penting untuk dihindari. Oleh karenanya, kenalilah beberapa penyebab-penyebab pada ulasan diatas yang dapat membuat mulut anda berbau tidak sedap. Dengan begitu, anda juga bisa menghindari hal-hal tersebut agar mulut dapat tetap terjaga dari tumbuhnya bakteri-bakteri penyebab bau busuk.

0 komentar:

Post a comment