KIAT MENCARI ASURANSI PENDIDIKAN UNTUK ANAK

 

Asuransi Pendidikan Anak

Setiap perusahaan asuransi jiwa biasanya juga menyediakan produk asuransi pendidikan. Beda perusahaan beda pula manfaat dan fasilitas yang ditawarkan. Nah karena produk asuransi pendidikan ini sangat beresiko, Anda harus lebih selektif ketika menyeleksi perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini.


Begini kiat-kiatnya:


Lihat Track Record-nya

Sebelum memilih asuransi pendidikan sebaiknya Anda baca dulu penjelasan lengkap mengenai asuransi pendidikan yang perusahaan tawarkan. Lihat baik-baik produknya apakah kira-kira menguntungkan atau tidak. Kemudian jangan lupa untuk melihat track record mereka, apakah menjadi perusahaan asuransi yang sehat atau cukup bermasalah.

Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar dan mendapat verifikasi dari Otoritas Jasa Keuangan. Setelah itu lihat bagaimana review para nasabahnya. Mudah untuk menemukannya, karena biasanya di beberapa forum diskusi banyak yang membicarakan soal asuransi pendidikan ini.

Ingat ya, perusahaan baru tidak selalu buruk dalam melayani. Bisa jadi mereka justru menawarkan sesuatu yang segar dan lebih menguntungkan. Sebaliknya, perusahaan yang sudah lama berdiri belum tentu tanpa cela. Terbukti banyak perusahaan asuransi kesulitan mencairkan klaim nasabahnya karena buruknya pengelolaan keuangan mereka. Carilah asuransi pendidikan terbaik untuk anak anda.


Perhatikan Agen Asuransinya

Menjadi agen asuransi itu tidak sembarangan, mereka yang sudah jago dan terbukti berkinerja bagus pasti memiliki lisensi yang dicetak oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia). Nah bila Anda tidak bisa menentukan sendiri bagaimana memilih asuransi pendidikan yang tepat maka meminta bantuan kepada agen adalah keputusan tepat.

Namun pastikan ya agen tersebut sudah mengantongi kartu AAUI untuk produk asuransi regular dan AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia) untuk produk asuransi Syariah. Agen dengan kepemilikan kartu ini adalah para profesional yang akan membantu Anda menemukan produk yang sesuai budget dan keinginan.

Jadi asuransi pendidikan yang bagus pastinya memiliki agen asuransi yang berlisensi. Jika ada agen yang menawari Anda produk asuransi, tanpa menunjukkan kartu lisensinya Anda boleh mengabaikannya. Karena bisa jadi ia tidak bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat karena kurangnya pengetahuan mengenai investasi bidang keuangan. 


Perhatian Jumlah Premi 

Seringkali para orang tua di Indonesia kaget melihat nilai premi dari asuransi pendidikan yang rata-rata tinggi. Baik kaum menengah biaya asuransi pendidikan ini sangat memberatkan karena menyita hampir 10% keuangan mereka. Namun jika mau mencari lebih detail, sebenarnya banyak juga perusahaan asuransi yang menawarkan proteksi sama dengan jumlah premi lebih rendah dan periode lebih singkat.


Perhatikan Periode Pembayarannya

Sama dengan asuransi jiwa yang mematok term Panjang, asuransi pendidikan juga biasanya memberikan periode minimal 10 tahun. Nah yang perlu Anda lakukan adalah menghitung usia anak hingga nanti masuk perguruan tinggi. Ada jeda bertapa tahun itulah angka pembayaran premi yang harus dipilih. Jika Anak Anda lebih dari satu atau tergolong banyak dan ingin semuanya diproteksi dengan asuransi pendidikan. Maka Anda perlu memahami skema pembiayaan yang tepat. Karena tidak semua anak bisa mendapat jangka premi yang sama, kecuali Anda memiliki dana melimpah.


Tidak Buru-Buru

Karena asuransi pendidikan adalah produk investasi jangan Panjang. Sebaiknya jangan terburu-buru sebelum mengambil keputusan. Bandingkan lebih dari tiga perusahaan asuransi. Pilih mana yang menurut Anda paling sehat dan memberikan fasilitas yang sesuai kebutuhan. Jangan tergoda rayuan agen akan produk asuransi pendidikan tertentu karena Andalah yang paling tahu kebutuhan untuk masa depan anak-anak.

0 komentar:

Post a comment