Musim Hujan Tiba, Berikut 5 Tips Merawat Mobil Anda!

Merawat Mobil

Musim hujan telah tiba, saatnya para pemilik mobil harus lebih memerhatikan perawatan mobil mereka. Sebab, saat musim hujan, mobil akan lebih sering terkena genangan air dan terendam banjir sehingga bisa memicu rusaknya suku cadang mobil tersebut. Untuk mencegahnya, Anda harus tahu cara merawat mobil saat musim hujan sebelum tergiur dengan promo mobil bekas murah. Simak tips-tips berikut, yuk! 


1. Rajin bersihkan kaca mobil. 

Masalah yang paling sering muncul saat musim hujan adalah kaca mobil yang berembun dan menghalangi pandangan saat berkendara. Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya atur dan tetap nyalakan AC mobil di suhu yang tidak terlalu dingin dan sesuaikanlah dengan suhu luar mobil. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan kaca depan mobil menggunakan kulit kanebo yang agak lembab dan berilah sedikit sampo supaya semakin bersih. 


2. Keringkan mobil segera.

Saat mobil terkena air hujan, jangan sampai membiarkan air hujan tersebut menggenangi bagian terluar bodi mobil Anda. Segera bersihkan dan keringkan. Tujuannya agar bodi mobil tidak berjamur dan mencegah munculnya karatan yang dapat merusak cat bodi mobil. Selain itu, melakukan cara ini juga dapat menghindari supaya bodi mobil tidak baret ketika dibersihkan ketika sudah kering.  


3. Parkir mobil di tempat yang terlindungi.

Setelah dicuci dan dikeringkan, lindungi mobil Anda di garasi yang tertutup agar terhindar dari air hujan. Memarkir mobil di garasi sangat membantu menjaga mobil Anda supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Di samping itu, pada saat musim hujan biasanya suhu udara menjadi lebih tinggi dari hari biasa sehingga dikhawatirkan nanti malah dapat merusak bodi mobil. 


4. Periksa mesin mobil.

Air hujan bisa dengan mudah masuk melalui celah mobil. Untuk itulah, Anda dianjurkan mengecek apakah komponen mesin mobil Anda dimasuki oleh air hujan atau tidak. Selain itu, jangan sampai lupa memeriksa bagian busi, karburator, filter udara, kabel dan alternatornya jika mobil terendam banjir. Keringkan komponen tersebut dengan pengering rambut untuk mengeringkannya, lalu periksa apakah komponen tersebut berfungsi dengan normal atau ada gangguan lain. Pastikan komponen pengapian mesin dalam kondisi baik agar tidak mengganggu kinerja mobil. 


5. Cek kondisi ban mobil.

Kondisi jalan raya di musim hujan yang semakin licin, membuat ban mobil terkadang mencengkeram dengan kekuatan penuh. Kondisi ini tentu dapat mempercepat kerusakan pada bagian ban tersebut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek kondisi ban secara rutin demi menjaga keselamatan dan tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain saat berkendara di jalanan yang basah dan licin. 


Demikianlah beberapa perawatan yang perlu dilakukan agar mobil Anda tidak mengalami masalah ketika musim hujan. Semoga bermanfaat, ya! 

0 komentar:

Post a comment