Bingung Mengenai Apa Itu Tulang, Yuk Simak Ulasannya Disini

 

Apa Tulang

Tulang merupakan salah satu bagian yang ada pada diri manusia. Tulang sendiri terdiri dari jaringan ikat yang terbentuk dari sel, serat, serta matriks yang dapat berfungsi sebagai pembentuk rangka. Jika anda masih bingung mengenai apa itu tulang, maka simaklah ulasan macam-macam tulang untuk menambah wawasan lebih lanjut tentang tulang.  


 Berikut Macam-Macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

1. Tulang Panjang

Salah satu macam tulang yang berdasarkan bentuk nya ialah tulang panjang. Tulang panjang biasnya memiliki rongga dan berfungsi sebagai penopang kerangka tubuh manusia. Contoh tulang panjang yaitu, tulang paha, tulang jari-jari, tulang betis, telapak kaki, tulang keting atau tibia, tulang serta tulang yang membentuk lengan.  

Kemudian tulang panjang ini terdiri dari diafisis dan epifisis, yang mana epifisis merupakan bagian ujung tulang yang membesar sedangkan diafisis sendiri merupakan bagian tengah tulang yang berada diantara dua epifisis. Diantara epifisis dan diafisis terdapat tulang rawan yang bentuknya lempeng. 

Selanjutnya jika bentuk lempeng yang disebutkan tadi masih aktif maka tulang pipi dapat berkembang secara memanjang. Jika bentuk lempeng yang sering disebut dengan cakram epifisis tidak aktif lagi sekitar umur 20 tahun. Hal inilah yang menyebabkan pengaruh pertumbuhan tinggi badan seseorang. 

Selanjutnya anda dapat mengetahui mengenai apa itu tulang dari ciri-ciri tulang panjang ini. Tulang panjang memiliki ciri-ciri berbentuk bulat dan panjang. Selain bentuk nya yang bulat dan panjang, tulang ini memiliki berisikan sumsum kuning dengan lemak di dalamnya. Sumsum kuning ini merupakan cadangan untuk pembuatan sumsum merah. 


2. Tulang Pendek

Macam tulang yang berdasarkan bentuk yang selanjutnya ialah tulang pendek. Tulang pendek merupakan kelompok tulang yang memiliki ciri-ciri berbentuk kubus, dengan berbagai ukuran. Misalnya ukuran panjang, lebar dengan ketebalan yang hampir sama. Contoh dari tulang pendek ialah tulang yang membentuk pergelangan kaki dan tangan. 


3. Tulang Pipih

Tulang pipi merupakan tulang yang membentuk struktur di wajah. Tulang yang macam ini berbatasan langsung dengan tulang lainnya. Seperti tulang frontal, tulang spenoid, dan tulang temporal. Tulang yang satu ini memiliki ukuran yang begitu tipis dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi.

Selain itu tulang pipih juga akan melindungi otot yang terdapat pada tulang tersebut. Adapun contoh dari tulang pipih atara lain tulang rusuk, tulang tengkorak, tulang dada, dan tulang belikat, apakah contoh-contoh ini dapat bisa memahami anda tentang dasar mengenai apa itu tulang yang berada dalam tubuh manusia sebagai penggerak maupun penopang otot-otot tubuh.

Tulang pipih sering juga terdapat di bagian, panggul, sternum atau iga-iga dan tulang pelikat. Dengan fungsinya sebagai pelindung organ vital dan penyediaan permukaan yang luas untuk kaitan otot-otot. Selain itu tulang ini tersusun dari tulang kanselus diantara 2 tulang kortikal yang sekaligus menjadi tempat penting untuk hematopoiesis


4. Tulang Tidak Teratur

Tulang tidak teratur merupakan tulang yang tidak memiliki kesesuaian bentuk dengan tulang panjang, tulang pipih, maupun tulang pendek. Contoh tulang tidak teratur ialah termasuk tulang belakang, tulang ekor, tulang sacrum, tulang ethoid serta bagian tulang yang membentuk wajah seperti tulang baji. 


5. Tulang Sesamoid

Adapun macang tulang selanjutnya adalah tulang sesamoid. Tulang sesamoid merupakan tulang yang terletak di bagian sekitar persendian ataupun otot. Nama dari tulang ini berasal dari bahasa Latin yakni sesamus yang berarti wijen. Hal tersebut juga dapat menambah wawasan anda mengenai apa itu tulang

Biasanya tuang yang disebut seperti biji wijen ini dapat ditemukan pada tandon tangan, lutut, ataupun kaki, yang mana dapat melindungi tandon dari tekanan pada sendi serta meningkatkan efisiensi sendi.  Contoh dari tulang sesamoid adalah tulang tempurung lutut atau yang bisa disebut dengan panggilan patella.  


Dari berbagai macam-macam bentuk tulang diatas sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yang mana dapat melindungi organ-organ dalam manusia, sebagai tuas dan titik penempelan otot, menyimpan mineral yang penting dalam tubuh, dan fungsi yang paling utama adalah menyediakan suatu kerangka untuk tempat penempatan otot.

0 komentar:

Post a comment