Tata Cara Pertandingan Sepak Bola yang Perlu Diketahui Pemula

Sepak Bola

Permainan sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia, tak terkecuali dengan penduduk Indonesia. Permainan ini sangat membutuhkan kerjasama tim yang baik. Selain kerjasama tim, teknik serta kepiawaian menggiring bola dari setiap pemain juga menentukan kemenangan sebuah tim https://sbobet.promo/. Di dalam pertandingan sepak bola juga terdapat peraturan serta tata cara yang harus dipatuhi.

Peraturan Permainan Sepak Bola
Untuk melakukan sebuah pertandingan yang resmi, maka terdapat beberapa syarat atau peraturan yang harus dipatuhi terlebih dahulu. Mulai dari ukuran lapangan, ukuran gawang, jenis bola, jumlah pemain, serta peraturan-peraturan lainnya. Hal ini wajib dipenuhi oleh semua orang yang bersangkutan dengan jalannya sebuah permainan sepak bola. Baik itu pemain, wasit yang bertugas, maupun pihak manajemen tim sepak bola tersebut.

Pada pertandingan resmi, sebelum dimulainya pertandingan, semua pemain diharuskan untuk berjabat tangan dengan lawan serta berbaris menghadap ke arah penonton. Wasit kemudian akan membawa uang logam yang nantinya akan menentukan kapten tim bisa memilih bola awal atau gawang. Kapten tim ini jugalah yang nantinya akan berdiskusi dengan wasit apabila terjadi masalah dengan tim.

Selain itu, beberapa penggunaan aksesori dilarang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Seperti aksesori gelang, kalung, anting, dan lain sebagainya. Hal ini karena penggunaan aksesori tersebut dikhawatirkan dapat membuat pemain cedera secara tidak sengaja. Penggunaan kaos kaki juga diwajibkan apabila pada pertandingan resmi, kaos kaki ini bertujuan untuk memberi perlindungan pada tulang kering pemain.

Kemudian permainan akan dimulai jika para pemain lengkap sejumlah 11 orang, yang termasuk juga satu penjaga gawang di dalamnya. Jika nantinya di tengah pertandingan, pemain tim kurang dari 7 orang atau 4 pemainnya terkena kartu merah. Maka tim tersebut resmi dinyatakan kalah dan pertandingan harus dihentikan. Tapi umumnya sebuah permainan sepak bola ini dilakukan selama 90 menit, dan dibagi menjadi 2 babak dengan istirahat 15 menit.

Tata Cara Permainan Sepak Bola
Dalam pertandingan sepak bola, terdapat beberapa istilah dan tata cara dalam melakukan permainan tersebut. Seperti istilah lemparan ke dalam, yang terjadi apabila bola keluar dari lapangan permainan dari area sisi lapangan. Jika lemparan ini telah dilakukan, maka pertandingan pun bisa dilanjutkan kembali. Kemudian ada tendangan bebas, yang dilakukan secara bebas oleh seorang pemain tanpa adanya gangguan dari pemain lawan. 

Tendangan bebas tersebut diberikan apabila terjadi sebuah pelanggaran. Maka tim yang dilanggar tersebut berhak mendapatkan tendangan bebas. Selain tendangan bebas, ada juga istilah tendangan penalti, yang diberikan apabila terjadi pelanggaran di kotak penalti. Tendangan penalti ini juga akan terjadi jika permainan sepak bola diterapkan sistem gugur, sementara skor tetap imbang hingga akhir pertandingan dan perpanjangan waktu.

Sedangkan pelanggaran sendiri dapat terjadi karena tackle yang berlebihan atau terlalu keras, mendorong lawan, menarik baju lawan, hands ball, mengganggu pergerakan dari penjaga gawang, dan masih banyak lagi. Jika berbagai macam pelanggaran tersebut dilakukan, maka wasit berhak mengeluarkan kartu. Kartu tersebut terdiri dari kartu merah dan kartu kuning.

Jika seorang pemain mendapat kartu merah, maka ia harus keluar dari pertandingan sepak bola. Dan jika mendapat kartu kuning itu berarti pemain tersebut mendapat peringatan keras. Apabila seorang pemain mendapat kartu kuning 2 kali berturut-turut, maka itu berarti otomatis pemain tersebut telah mendapat kartu merah dan harus keluar dari lapangan pertandingan. Hal ini tentunya akan sangat merugikan tim sepak bola tersebut.

Oleh karena itu, semua peraturan serta tata cara permainan sepak bola tersebut harus dipahami serta dipatuhi oleh semua pemain. Karena dengan begitu pertandingan dapat berjalan dengan lancar, dan pemain pun tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang akan merugikan timnya sendiri. Sebaiknya emosi juga lebih dijaga agar tidak terpancing atau bahkan hingga bersitegang dengan pemain tim lawan.

0 komentar:

Post a comment