Mengulik Arti Warna Violet Serta Karakter Kepribadiannya

Violet

Sejak lahir ke dunia, manusia sudah dikenalkan dengan barbagai jenis warna berbeda yang bahkan berubah menajdi warna favorit. Jumlahnya yang cukup melimpah, bahkan satu warna saja bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Namun tidak banyak yang menyadari jika setiap warna memiliki arti dan karakter yang berbeda, tidak terkecuali untuk warna violet. Apakah arti dari warna violet dan bagaimana karakter yang ditampilkan ? Berikut ulasannya.

Beragam Arti Warna Violet di Kebudayaan Dunia
Apabila senang dengan cerita sejarah, pastinya anda menyadari jika jubah ungu umumnya dikenakan oleh golongan bangsawan ataupun orang dengan pangkat tinggi. Penggunaan warna ungu ini bukanlah sebuah kebetulan, namun violet dianggap sebagai warna langka yang tidak banyak ditemukan di dalam bebas. Alhasil proses pembuatan warnanya pun membutuhkan dana lebih tinggi dibandingkan warna lainnya.

Ketika mendengar warna violet, masyarakat Jepang mengartikannya sebagai warna yang menandakan kekayaan serta posisi tinggi. Padahal bagi masyarakat Mesir, violet dianggap sebagai warna kebajikan dan melambangkan seseorang dengan iman yang teguh. Berbeda lagi maknanya jika mengunjungi AS, masyarakatnya akan mengggunakan istilah negara ungu ketika terjadi pembagian kursi khusus untuk wakil rakyat antar Demokrat dan Partai Republik yang sama.  

Makna warna violet pun berbeda ketika memasuki Tudor Inggris, yang menganggap jika ungu adalah warna duka dan warna yang melambangkan spirit keagamaan. Sedangkan di Thailand, violet berubah arti sebagai janda yang tengah berduka atas kematian pasangan hidupnya. Berkat adanya arti bertolak belakang ini, menandakan jika violet memiliki makna beragam tergantung dari kebudayaan negara itu sendiri. 

Diartikan Sebagai Chakra Mahkota
Berbeda dengan ilmu aura tubuh, yang mengenal violet adalah warna chakra mahkota atau lebih dikenal sebagai Sahasrara yang umumnya terletak di atas kepala. Dengan kata lain warna ini erat kaitannya dengan sistem syaraf, otak, mahkota kepala, serta dapat mewakili pemikiran murni. Seseorang yang dikaruniai aura warna violet, umumnya seseorang yang memiliki kesadaran tanpa batas karena dirinya dapat memasuki dunia spiritual lebih dalam. 

Makna Violet Dari Kacamata Psikologi
Dalam ilmu psikologi, warna cantik satu ini memiliki makna yang cukup beragam mulai dari yang positif hingga negatif. Contoh makna violet dari segi positif yaitu imajinasi, inspiratif, individualis, misteri, masa depan, intutif, tanpa pamrih, serta spiritualis. Dengan kata lain, seseorang yang senang dengan warna ini menandakan anak yang dikaruniai kreatifitas tinggi dan lebih mudah mendapatkan ide dengan bantuan dari nuansa ruangan berwarna ungu. 

Violet juga dikatakan sebagai warna yang dapat membantu seseorang berdoa lebih kusyuk dan cocok digunakan untuk meditasi, karena dapat menyentuh alam bawah sadar terdalam. Sebagai sosok yang penuh ide, para pecinta warna ungu satu ini tidak senang apabila ada seseorang yang berani meng copy orang lain dan lebih senang untuk melakukan aktiftas sendirian. 

Sedangkan dari segi negatif, warna violet melambangkan ketidakdewasaan, sombong, delusi keagungan, sinis, lebih senang menyendiri, tidak praktis, pendaki sosial dan masih banyak lagi yang lain banyak lagi. Meski memiliki makna negatif, bukan berarti anda boleh lagi menyukainya seperti sedia kala. Sebab setiap warna itu unik, yang tentunya memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. 

Tanpa disadari, ternyata selama ini karakter manusia dapat dilihat hanya dari warna favoritnya saja. Misalnya saja warna ungu yang muncul dari perpaduan warna merah dan warna biru lebih dominan ini dikaitkan dengan sifat royalti, kemewahan, ambisi, kekuatan, dan kemuliaan. Bahkan dalam berbagai kebudayaan di dunia, warna cantik satu ini memiliki arti beragam. Apakah violet termasuk daftar warna favorit anda ?

0 komentar:

Post a comment