Apa itu Tekanan Darah Tinggi dan Gejala yang Dimilikinya ? Yuk Intip Disini


Terdapat jenis penyakit yang jika lalai diobati dapat menyebabkan penyakit serius lain setelahnya. Seperti misalnya penyakit berupa hipertensi yang dibiarkan begitu saja. Hal ini seringkali karena gejala yang ditimbulkannya terkesan tidak jelas. Jenis penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah serius layaknya stroke dan juga penyakit jantung. Lalu apa itu tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi ? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian dari Penyakit Bernama Hipertensi
Hipertensi ini adalah suatu keadaan saat tekanan yang dimiliki oleh darah di dalam tubuh seseorang telah sampai ke kadar yang tidak sehat. Terdapat dua macam cara untuk mengkategorikan keadaan tekanan pada darah seseorang. Sebit saja tekanan sistolik dan juga tekanan diastolik. Tekanan sistolik atau juga angka bagian atas adalah sebuah indikasi tekanan pada pembuluh darah ketika jantung memompa darah.

Sementara untuk tekanan diastolik atau juga angka bagian bawah lebih menunjukkan resistensi aliran darah pada pembuluh darah ketika jantung memompa. Sebagai contohnya adalah saat terjadinya resistensi pada seseorang. Yakni saat pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga menimbulkan tekanan pada darah menjadi meningkat. Dari ulasan ini, dapat diketahui apa itu tekanan darah tinggi atau lebih sering disebut dengan penyakit hipertensi.

Klasifikasi dari Penyakit Hipertensi pada Orang Dewasa
Dapat diketahui pula bahwa terdapat alat khusus untuk mengukur tekanan pada darah seseorang yang disebut dengan sfigmomanometer. Cara mengukur tekanan pada darah bagi anak anak, remaja, maupun orang dewasa juga berbeda. Sementara untuk kategori dari klasifikasi hipertensi orang deawasa dapat dibagi menjadi 5 bagian. Mulai dari normal atau sehat, tinggi atau prahipertensi, hipertensi tingkat 1, hipertensi tingkat 2, dan hipertensi tingkat 3.

Metode pengukuran yang dilakukan ialah dengan memakai mmHg (unit millimeter dalam merkuri). Pada orang yang normal atau sehat, maka akan diklasifikasikan pada angka 120/80 mmHg. Sementara untuk hipertensi tingkat 3 akan memiliki tekanan sistolik lebih dari 180 mmHG dengan tekanan diastolik di atas 120 mmHg. Pengertian dari apa itu tekanan darah tinggi dan klasifikasi di dalamnya ini penting untuk diperhatikan guna penanganan yang tepat.

Gejala atau Tanda Tanda dari Penyakit Hipertensi
Seringkali jenis penyakit berupa hipertensi ini tidak mudah dideteksi sehingga membuat banyak orang tidak menyadarinya. Namun terdapat beberapa gejala hipertensi yang layak untuk Anda tahu demi meminimalisir kemungkinan yang buruk di kemudian hari. Gejala atau tanda tanda dari penyakit tersebut antara lain adalah munculnya sakit kepala, sesak napas, mimisan, merasa panas, dan juga akan merasakan sakit pada bagian dada.

Gejala hipertensi dapat pula terasa dengan pandangan mata yang mulai kabur. Terdapat pula darah pada urine yang dikeluarkan oleh tubuh. Tentu gejala ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Diperlukan penanganan oleh medis atau ahli kesehatan untuk meminimalisisr dampak di baliknya. Namun gejala ini juga tidak selalu muncul pada penderita. Diharapkan dengan mengetahui gejala dan apa itu tekanan darah tinggi akan bermanfaat bagi Anda.

Dari uraian yang ada, telah tergambar dengan jelas mengenai apa yang disebut dengan hipertensi, kasifikasinya pada orang dewasa, dan juga gejala yang dimilikinya. Karena gejala hipertensi tidak dapat ditemui oleh semua penderita, terdapat suatu hal yang layak untuk dilakukan. Yaitu memantau tekanan pada darah dengan pemeriksaan secara berkala. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan beragam fasilitas kesehatan yang ada saat ini.

0 komentar:

Post a comment