3 Resep Membuat Bitterballen Gurih dan Lezat, Cocok untuk Camilan Saat Santai

Bitterballen

Bagi ibu mempersiapkan camilan untuk keluarga menjadi kewajiban rutin. Tidak heran bila para ibu suka membuat kreasi beragam menu. Selain lebih berhemat, makanan buatan sendiri jauh lebih aman dibandingkan jajan sembarangan. Karena sudah pasti tanpa pengawet dan higienis saat proses pengolahannya. Maka dari itu banyak resep aneka makanan bermuculan, salah satunya variasi resep bitterballen. Ingin tahu? Simak ulasan ini. 

Variasi Resep Camilan untuk Keluarga 
1. Isi Makaroni Smoke Beef 
Pertama siapkan dulu bahan-bahan bumbunya mulai dari ¼ bawang bombay, 30 gram tepung terigu, dan 175 ml susu cair. Kemudian beralih ke bahan utama berupa 2 lembar smoke beef, yang sudah dipotong jadi 3 bagian, serta 50 gram macaroni pipa yang direbus. Selanjutnya butuh ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh merica bubuk, ¾ sendok teh pala bubuk. Jangan lupa persiapkan 50 gram keju cheddar parut dan 500 ml minyak goreng. 

Tumis terlebih dulu bawang bombat sampai harum, lalu tambahkan smoke beef dan buncis serta aduk rata. Tambahkan tepung terigu sedikit sambil tuang susu cair perlahan, kemudian diaduk agar bitterballen terasa milky. Barulah masukkan macaroni pipa, garam, merica bubuk, pala bubu, dan keju. Setelah dicampur merata perlu didiamkan sebentar, ambillah sedikit adonan lalu bentuk bola-bola. Gulirkan ke tepung panir, celupkan ke putih telur, terakhir tepung panir kasar baru digoreng. 

2. Isi Kentang Keju 
Siapkan dulu 4 buah kentang, ½ bawang bombay cincang halus, 4 sdm maizena, dan 10 sdm tepung terigu. Untuk bahan pelengkapnya 2 sdm susu bubuk, lada bubuk, ketumbar bubuk, garam, dan gula. Sedangkan untuk isinya memerlukan 170 gram keju mozzarella, yang sudah dipotong dadu. Jangan lupa bahan pelapis berupa 1 butir telur dan tepung panir secukupnya. Jika diperlukan bisa menambahkan parsley flakes secukupnya. 

Agar bitterballen terasa gurihnya, kentang yang sudah dipotong perlu direbus sampai empuk. Kemudian hancurkan kentang yang sudah lembek, sembari memasukkan semua bumbu utama. Setelah itu aduk semuanya sampai merata, lalu bentuk adonan menjadi bola-bola. Jangan lupa masukkan keju di dalamnya sebelum dipadatkan, baru celupkan ke dalam kocokan telur. Selepas digulingkan ke tepung roti baru digoreng sampai warnanya kecokelatan. 

3. Isi Jamur 
Anda perlu mempersiapkan 1 pack jamur shitake, ½ bawang bombay, 5 siung bawang putih, dan 10 sdm tepung terigu. Tambahkan pala secukupnya, 5 sdm cooking cream, ½ liter susu segar, serta 1 butir telur. Jangan lupa siapkan bread crumb dan minyak goreng secukupnya. Usahkan bahan-bahan tersebut tidak ada yang tertinggal, sebab nantinya akan mempengaruhi rasa dari bitterballen sendiri.

Jamur Shitake yang sudah dicuci bersih perlu direbus selama 15 menit. Simpan air rebusan jamur, sembari melumatkan bawang bombay dan bawang putih jadi satu. Tumis hasil lumatan tersebut sampai aromanya harum. Masukkan jamur cincang, tepung terigu, dan air rebusan jamur. Tambahkan sedikit pala, cooking crem, susu segar, kemudian terus aduk agar cairan tidak mengental. Jika adonan sudah agak keras baru bentuk bola-bola kecil dan goreng sampai matang. 

Saat sedang santai bersama keluarga tentunya kurang afdol jika tidak ada camilan. Oleh sebab itu resep makanan gurih ini bisa menjadi contoh untuk membuat makanan ringan. Bahannya tidak perlu ribet dan ramah di kantong, selain itu cara pembuatannya pun tergolong sederhana. Sehingga anda bisa mempraktekkan sendiri resep ini di dapur kesayangan anda. 

0 komentar:

Post a comment