Mengenal Jenis-jenis Penyakit Saat Haid

Ifree Indonesia

Haid  sering kali disertai dengan perubahan pada kondisi tubuh seperti pendarahan. Hal ini wajar terjadi pada wanita yang sedang haid. Namun, terkadang perubahan kondisi tersebut menyebabkan timbulnya beberapa penyakit.  Apa saja Anda penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Jenis-jenis Penyakit Saat Haid

1. Pendarahan 
Pendarahan sering terjadi pada beberapa wanita yang sedang haid. Hal ini menyebabkan aktivitas sehari-hari Anda terganggu. Pendarahan dapat terjadi karena beberapa hal seperti fibroid, obesitas, polip uterus, masalah ovulasi, efek samping mengkonsumsi obat dan lain-lain. 

Salah satu penyebab nyeri haid hari pertama juga disebabkan oleh pendarahan. Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami beberapa gejala seperti berikut ini:

Haid Anda berlangsung lebih lama dari masa normal
Terjadi pendarahan hebat sehingga menyebabkan Anda sering ganti pembalut
Anda sering merasa lemah, sakit dada, anemia, sulit bernafas dan lain-lain. 

2. Migrain
Beberapa wanita mengeluh karena merasakan migrain saat haid. Migrain dapat terjadi karena adanya pergerakan saraf vagus dari batang otak menuju ke perut. Apabila syaraf bergerak dengan sangat cepat maka tekanan darah turun, begitu juga dengan detak jantung. Kondisi tersebut menyebabkan Anda merasa sakit kepala dan terkadang hingga pingsang. 

Selain itu, migrain juga dapat disebabkan karena Anda mengalami stres dan cemas. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat seperti antidepresan, obat kejang, dan lain-lain. 

3. Mual 
Gejala yang muncul saat haid antara lain adalah mual. Kondisi ini dapat terjadi karena pengaruh hormon prostaglandin yang masuk ke dalam darah. Selain itu, gejala lain yang ditimbulkan antara lain adalah sakit kepala, muntah, kram pada bagian usus, diare dan lain-lain. Anda dapat mengkonsumsi ibuprofen untuk menekan produksi prostaglandin. 

4. Kram Perut
Biasanya saat haid Anda mengalami kram. Kram terjadi karena adanya proses pengeluaran darah dari rahim  akibat otot mengencang dan relaksasi. Kram terjadi diantara punggung bawah dan perut. 

Kram juga dapat disebabkan oleh adanya perubahan hormon sebelum waktu haid tiba. Selain kram, perubahan hormon juga memicu perut kembung, kelelahan, nyeri pada bagian punggung dan lain-lain. 

Salah satu cara mengatasi kram perut saat haid adalah dengan mengkonsumsi obat pereda kram. Apabila rasa sakit yang Anda rasakan semakin parah maka segera periksakan ke dokter. 

0 komentar:

Post a comment