Mau Cepat Dapat Kartu Kredit, Ikuti Langkah Ini

Kartu Kredit

Sekarang ini mempunyai kartu kredit sepertinya bukan hal yang sulit lagi, bahkan memiliki kartu kredit merupakan hal yang sudah lazim bagi setiap orang. Kartu kredit menjadi salah satu pilihan alat transaksi non tunai yang paling disukai karena praktis dan menyuguhkan banyak kemudahan transaksi. Selain itu, banyak keuntungan berupa rewards points, diskon belanja, voucher, cashback, dan lain sebagainya.

Memang tergolong mudah untuk mendapatkan kartu kredit, namun ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Pasalnya, untuk mengetahui kelayakan nasabah memiliki kartu kredit, bank akan melihat riwayat keuangan nasabah, terutama kinerja kredit mereka. Oleh sebab itu, umumnya bank memprioritaskan orang-orang yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya karena lebih mudah mengevaluasi riwayat kredit mereka.

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali ingin membuat kartu kredit, berikut ini kami berikan cara dapat kartu kredit dengan mudah, mulai dari :

1. Memastikan riwayat keuangan baik
Sekalipun tak pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, tapi pernahkah memiliki pinjaman dalam bentuk lain? Jika pernah, pastikan kamu tak pernah mengalami kredit macet atau masalah pinjaman lainnya.  Bagaimanapun, pihak bank akan memeriksa riwayat keuanganmu, termasuk utang-utang yang pernah diambil. Jika ada penunggakan pembayaran pinjaman, lunasi terlebih dulu sebelum mengajukan kartu kredit.

2. Isi formulir dan lengkapi syarat yang diminta
Jika sudah tahu kartu kredit yang diincar, selanjutnya datangi atau hubungi pihak bank untuk proses pengajuan. Pahami persyaratan pengajuan yang tertera dan siapkan semua dokumen yang diperlukan. Jika ada ketentuan yang belum dipahami, jangan segan untuk bertanya kepada pihak bank.

3. Memilih kartu kredit sesuai kebutuhan
Pikirkanlah tujuan penggunaan kartu kredit sebelum mengajukan. Lalu, pilihlah kartu kredit dengan fitur dan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan. Pahami rewards, bonus, penawaran kartu kredit, hingga biaya iuran tahunan agar penggunaan kartu kredit dapat lebih optimal. Selain itu, pilihlah kartu kredit pertama dengan plafon pinjaman yang rendah untuk melatih pengelolaan kartu kredit agar tidak kebablasan.

4. Pilih bank yang ramah kartu kredit pertama
Beberapa bank besar dikenal lebih ketat dalam menerbitkan kartu kredit pertama, terutama yang berstatus badan usaha milik negara (BUMN). Tapi, tenang saja, masih banyak bank penerbit lain yang “lebih ramah” untuk mengabulkan permohonan kartu kredit pertama.

5. Pilih bank tempat menabung
Memiliki rekening tabungan di bank yang sama dengan bank penerbit kartu kredit memang tak selalu jadi persyaratan. Namun, pihak bank menjadikan hal tersebut sebagai salah satu pertimbangan untuk menyetujui kartu kredit. Sebab, pihak bank menjadi lebih mudah melihat alur kas tabungan calon nasabah. Artinya, kemungkinan pengajuan diterima pun bisa lebih tinggi. Untuk menciptakan riwayat rekening tabungan yang baik, bertransaksilah dengan rekening tabungan tersebut secara aktif. Pastikan juga selalu ada aliran dana yang masuk secara rutin, salah satunya berupa uang gaji tiap bulannya.

6. Ajukan kartu kredit di mall
Sudah jadi rahasia umum kalau mengajukan kartu kredit BCA sebagai kartu kredit pertama biasanya sulit diterima. Tapi, bukan berarti hal tersebut mustahil. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan penawaran kartu kredit di mall atau pusat perbelanjaan. Pengajuan kartu kredit di mall, biasanya punya syarat yang lebih mudah dan peluang diterima lebih tinggi. Sebab, pengunjung mall dinilai sebagai individu konsumtif dan mapan sehingga dinilai telah layak memiliki kartu kredit. Di sisi lain, marketing kartu kredit BCA atau bank lainnya di gerai-gerai pusat perbelanjaan perlu memenuhi target calon nasabah kartu kredit, sehingga proses pengajuan tak akan dipersulit.

Setidaknya beberapa hal diatas itulah yang harus kamu perhatikan jika ingin mudah untuk mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya.

0 komentar:

Post a comment