Berbagai Hal Yang Bisa Menolak Masuk Angin


Permen Tolak Angin
Salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang-orang di Indonesia adalah masuk angin. Namun sebenarnya terminologi masuk angin dalam dunia kedokteran masih belum jelas, yang dikenal hanyalah sindroma dispepsi atau dispepsia (gangguan percernaan).

Masuk angin biasanya timbul karena badan terlalu capek atau kondisi cuaca yang kurang bisa diterima oleh tubuh. Namun pada beberapa orang, masuk angin merupakan suatu penyakit langganan karena sistem imun mereka yang lemah sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari.

Gejala seperti perut kembung, meriang, sakit kepala, dan bersin-bersin sering disepelekan. Padahal, kondisi ini bisa memburuk dan mengundang datangnya penyakit. Yang kurang disadari, gaya hidup kita selama ini kerap memicu terjadinya masuk angin. 
Namun sebenarnya masuk angin bukanlah penyakit perlu ditakuti pasalnya, masuk angin bisa diatasi dengan berbagai tips yang bisa dilakukan dirumah, seperti :

1. Menggunakan madu serta lemon
Madu dan lemon jika diolah dengan cara mencampurkan kedua bagiannya tentu akan menjadi obat masuk angin alami yang paling mudah untuk dibuat dan enak untuk dikonsumsi. Madu memiliki kandungan gizi yang baik dalam proses regenerasi serta peremajaan sel tubuh. Sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya dua campuran bahan tersebut akan sangat tepat digunakan sebagai bahan herbal alami untuk mengusir masalah masuk angin dari dalam tubuh dengan mudah.

2. Minum Tolak Angin
Selain menggunakan kedua cara di bagian atas tadi, ada pula cara lain yang bisa anda lakukan dengan lebih mudah dan hasil yang jauh maksimal, yaitu penggunaan tolak angin  flu sebagai minuman kesehatan untuk mengatasi masuk angin yang paling tepat. 

Selain itu ada juga varian permen tolak angin yang bisa membuat tenggorokan jadi terasa lebih lega dan nafas menjadi lebih mudah dan ringan.

3. Berkumur-kumur
Kebiasaan yang dilakukan orang Jepang dalam meminta anak-anaknya untuk berkumur-kumur setelah melakukan berbagai macam aktivitas hariannya ternyata mampu menghindarkan diri dari masalah masuk angin. Hal ini berkaitan dengan menghilangkan kuman yang berkumpul di area mulut.

Yang kurang disadari, gaya hidup kita selama ini kerap memicu terjadinya masuk angin. Biasanya masuk angin di picu berberapa hal, seperti , Kurang tidur. Banyak pekerjaan dan pulang malam bisa membuat waktu beristirahat jadi lebih sedikit. Tak heran bila stamina Anda jadi menurun. Ini terbukti dari studi yang diadakan Carnegie Mellon University. Menurut pernyataan para peneliti yang dimuat di jurnal Archives of Internal Medicine, kekurangan tidur bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan kemampuannya melawan virus penyebab penyakit.

Selain itu lama berada di ruangan ber-AC juga berpengaruh. Kini, hampir semua gedung perkantoran dan rumah dilengkapi penyejuk udara. Agar dinginnya terasa, ruangan dikondisikan selalu tertutup. Akan tetapi, ini ternyata malah bisa membuat kualitas udara di ruangan memburuk sehingga memengaruhi kesehatan kita. Penelitian yang dilakukan dr. Dan Teculescu di Inggris, Italia, dan Skandinavia menemukan, terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Dari yang berat, seperti infeksi pernapasan, hingga yang ringan, seperti sakit kepala. Kebanyakan responden juga mengeluh sering bersin-bersin karena sensitif terhadap sirkulasi udara yang kurang baik.

Sering terlambat makan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan. Padatnya kesibukan bisa menyebabkan lupa makan. Padahal, kebiasaan melewatkan waktu bersantap bisa membuat perut Anda menjadi mudah kembung dan menyimpan banyak gas. Sebagai solusi, Ara DerMarderosian, PhD, pakar di bidang pangan alami di University of the Sciences, Philadelphia, menganjurkan kita untuk membiasakan diri makan teratur agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang lebih berat.

0 komentar:

Post a Comment