Jangan Lewatkan, Pesta Belanja Terbesar Tahun 2019

Harbolnas

Setiap tahunnya dibulan ke 12 tanggal 12 selalu diadakan pesta belanja online terbesar di Indonesia Harbolnas. Hari Belanja Online Nasional merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online atau daring. Dicetuskan pertama kali ditahun 2012 oleh oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Kampanye Hari Belanja Online Nasional ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online yang aman dan nyaman dan bisa dilakukan kapan saja. Tidak hanya itu saja, kampanye yang digelar selama 24 jam ini juga memiliki misi untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini sudah mencapai 63 juta pengguna.

Para pelaku eCommerce bersatu memiliki satu tujuan yang sama yaitu memajukan industri eCommerce dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online melalui perayaan tersebut. Hari belanja online nasional juga didukung oleh media besar seperti Detik, Tempo, Kompas dan Yahoo, Diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online Nasional juga cukup besar yaitu mencapai 80 persen.

Meski saat harbolnas diskon bertebaran, bukan berarti konsumen lantas belanja sembarangan. Salah-salah, ingin untung malah menjadi buntung karena kalap melihat promo tanpa pikir panjang. Belanja tidak cerdas malah membuat kantong terkuras dan menyesal belakangan. 

Hal utama sebelum menghadapi Harbolnas adalah memeriksa tabungan. Pastikan Anda telah menyediakan alokasi berapa banyak dana yang akan dikeluarkan untuk belanja, sehingga kantong tidak jebol. Penawaran yang diberikan e-commerce yang berpartisipasi memang menggiurkan dan kemungkinan besar akan membuat Anda ingin membeli banyak barang. Tapi, menghabiskan seluruh tabungan hanya karena diskon bukanlah ide yang tepat. Jadi, berbelanjalah dengan bijak, beli barang yang memang benar-benar diperlukan daripada membeli barang yang diinginkan.

Khusus bagi Anda yang belanja di e-commerce C2C (costumer to costumer), Anda harus lebih berhati-hati berbelanja online saat Harbolnas. Untuk menghindari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan, selalu cek kembali rating dan review dari toko yang bersangkutan. Jika dari segi harga, rating, dan review-nya meragukan, sebaiknya Anda mencari pemilik toko lain yang lebih terpercaya.

Berdasarkan data historikal, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung  adalah pukul 09:00 - 11:00 pagi. Perhatikan juga waktu-waktu e-commerce menggelar flash sale untuk mendapat harga terbaik. 

Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, sempatkan  untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang incaran dengan metode pembayaran yang Anda gunakan.

Cara yang paling konvensional dan selalu ampuh untuk mengingatkan Anda apa saja barang yang dibutuhkan. Cara ini memang sudah lumrah dilakukan ketika belanja di pasar atau supermarket. Begitu juga ketika belanja online, lakukanlah daftar belanjaan yang Anda inginkan lengkap dengan brand, ukuran, dan juga harga normal. Supaya Anda benar-benar mendapatkan harga murah, pastikan Anda sudah mencatat harga normal dari barang tersebut. Sehingga Anda tidak terjebak mitos trik marketing “harganya dinaikin dulu sebelum didiskon” yang kerap dilakukan oleh retail online.

Jika Anda ragu akan keaslian produk, belilah produk di toko resmi yang sudah mendapat verifikasi dari platform e-commerce. Sempatkan juga untuk membaca secara mendalam keterangan dan review produk dari pembeli lain. 

Salah satu program harbolnas yang jangan sampai kalian lewatkan ialah dari Blibli : 


  1. Setiap belanja Minimal belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan ngelakuin beberapa aktifitas yang direkomendasi sama Blibli.com mendapatkan 1 token selama periode bulan oktober sampai desember .  
  2. Tokennya digunain buat main game capit di aplikasi Blibli.com
  3. ?Main game capit bisa dapat barang-barang (random) dengan harga SYOK! dalam waktu selama 24jam untuk menembus produk yg di dapat.  
  4. ?Belum lagi nanti pas tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember yang bisik-bisiknya bakal ada program SUPER SYOK!
  5. ?Yang penting kumpulin token sebanyak-banyaknya ya

0 komentar:

Post a Comment