Rumah Sakit Jakarta Selatan: Cara Menjaga Ginjal dan Usus dengan Tepat Agar Tetap Sehat

rumah sakit Jakarta Selatan

Setiap tubuh manusia memiliki bagian-bagian atau organ yang berguna untuk membuat setiap organ tubuh saling terintegrasi dan manusia dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Jika organ tubuh tidak berfungsi dengan baik maka fungsi tubuh dapat melemah. Organ bagian dalam tubuh yang memiliki peran penting adalah ginjal dan usus yang perlu dirawat supaya tidak memberi efek buruk pada fisik tubuh. Saat sedang sakit penderita atau pasien tentu perlu datang ke rumah sakit terdekat, salah satunya rumah sakit Jakarta Selatan yang akan memberikan pelayanan kesehatan dan kenyamanan kepada pasien dan keluarga.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan ginjal diantaranya:

Mengatur pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan menjauhi makanan olahan yang menggunakan banyak garam. Makanan asin dapat menganggu ketidakseimbangan mineral darah yang membuat ginjal bekerja dengan berat, bisa diganti dengan makanan biji-bijian.
Aktif bergerak setidaknya 20 menit sehari akan membuat fisik tubuh terbiasa gerak dan membuat ginjal dapat bekerja secara maksimal dan terhindari dari berbagai penyakit.
Menjaga kestabilan berat badan karena akan membuat kinerja ginjal melemah dan sebaiknya menghitung berat badan ideal.
Hindari untuk mengonsumsi alkohol dan rokok yang menyebabkan rusaknya bagian dari ginjal dan juga paru-paru.
Tetap lakukan kontrol tekanan darah hal ini dikarenakan penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah, kekuatan aliran darah yang tinggi akan membuat pembuluh darah menjadi renggang.
Tetap mengonsumsi air putih minimal 6-8 gelas per hari untuk tetap menjaga asupan air.

Ginjal umumnya berfungsi sebagai penyaring limbah tubuh, menjaga keseimbangan, penghasil eritropoetin, penghasil rennin dan senyawa aktif dari vitamin D. Jika ginjal tidak dirawat maka akan menyebabkan infeksi ginjal karena adanya bakteri di kandung kemih, dapat menderita batu ginjal akibat garam dan mineral tidak tersaring dan akhirnya tertimbun lalu mengeras. Penyakit lainnya adalah ginjal polikistik yang membuat munculnya kantong cairan dalam ginjal, biasanya kista ini muncul di bagian organ tubuh lainnya. Terdapat juga gagal ginjal yang membuat penderita menjadi tidak dapat menyaring yang masuk dalam tubuh. Jika sakit tersebut menyerang maka dapat segera mengunjungi rumah sakit Jakarta Selatan di bagian spesialis umum bagian dalam.

Ginjal akan mempengaruhi setiap makanan yang masuk dalam tubuh, begitu juga dengan usus yang akan memproses setiap makanan tersebut. Berikut adalah cara merawat usus diantaranya:

Mengurangi konsumsi gula dan makanan olahan yang masuk dalam tubuh, gula yang masuk terlalu banyak dan ketika diproses tidak membutuhkan bakteri sehingga bakteri akan menggerogoti lapisan lendir dinding usus.
Makan lebih banyak sayuran dan serat dengan 33-39 gram serat per hari untuk menjaga lapisan lendir yang terdapat dalam usus.

Selain itu, batasi penggunaan antibiotik yang membuat bakteri baik dalam usus akan berkurang jumlahnya. Sebaiknya mengonsumsi probiotik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk dalam tubuh. Kelola stress karena akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh dan ketika kekebalan tubuh tidak baik dan sinyal peradangan diterima akan membuat usus tidak berfungsi dengan baik.

Rumah sakit Jakarta Selatan akan merekomendasikan makanan sayuran hijau dan chia seed untuk penderita penyakit usus. Sayuran mengandung mineral serta antioksidan dalam melawan racun dan biji-bijian untuk melakukan detoks pencernaan. Dapat juga mengonsumsi makanan yang di fermentasi karena akan membantu bakteri usus mengeluarkan kotoran akan makanan yang tidak sehat dikonsumsi. Tips ini akan membantu ginjal dan usus sehat untuk kehidupan yang sehat dijaga dari sekarang.

0 komentar:

Post a Comment