Pilih Mana Xenia Bekas Atau Avanza Bekas?

harga mobil Xenia

Toyota dan Daihatsu punya mobil MPV andalan yang mempunyai rupa yang mirip bahkan banyak yang mengatakan mobil dari dua pabrikan berbeda ini kembar karena kemiripannya, bukan hanya tampilan spesfikasi dua mobil ini pun cukup mirip, sudah tahu mobil apa yang dimaksudkan!

Yaa, mobil yang dimaksud adalah Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, harga mobil Xenia dan Avanza pun tergolong sama, selian itu dua mobil ini mempunyai kapasitas maksimal sama-sama 7 penumpang sehingga dua mobil kembar ini banyak diburu dan sama-sama juga dijuluki mobil keluarga termurah.

Unit bekas dari kedua mobil kembar ini juga masih banyak dipasaran Indonesia, harganyapun tergolonng bersaing sehingga masih banyak warga yang kebingungan untuk memilih, apakah membeli mobil Xenia bekas atau mobil Avanza bekas.

Agar tidak bingung, berikut ini kami akan bahas beberapa perbandingan kedua mobil ini, mulai dari:

Tampilan Body dan Interior Mobil Avanza
Avanza hadir dengan body yang lebih elegan sementara itu Xenia memiliki tampilan dengan model sporty. Dari warna, keduanya memiliki ragam pilihan yang hampir sama yaitu hitam, putih, silver, dan merah. Walaupun begitu, Avanza bekas dari tahun yang berbeda mungkin memiliki beberapa pilihan warna lain.

Sedikit perbedaan pada grille depan juga terlihat pada Avanza dan Xenia terutama pada tipe terbaru. Pada Avanza, grille depan terlihat lebih besar dan dilengkapi dengan aksen chrome pada lampu kabut. Sementara itu, Xenia tampil lebih sederhana tanpa ada polesan chrome pada tampilan body.

Untuk kabin, Avanza maupun Xenia memiliki kapasitas yang sama yaitu 7 penumpang. Namun, keduanya memang memiliki pelapis jok bawaan berbahan kain, jadi resiko jok untuk kotor akan lebih besar. Bagi Sahabat Garasi yang memiliki bujet lebih, bisa coba menggantinya dengan jok kulit asli atau sintetis agar lebih awet.

Perbedaan menonjol juga terdapat pada head unit Avanza dan Xenia. Tidak seperti Avanza yang hanya mnemiliki pemutar CD dan MP3, Xenia dilengkapi dengan port AUX, radio, MP3, CD, dan USB sehingga memberikan unit hiburan yang lebih banyak.

Di sisi keamanan, Avanza dan Xenia bisa dikatakan seimbang. Keduanya masih mengusung sistem sabuk pengaman dengan airbag di tipe-tipe tertentu. Beberapa tipe juga dilengkap dengan Automatic Brake System (ABS) sebagai tambahan pengaman. Tentu saja, semua aksesori yang ada tergantung pada Xenia atau Avanza bekas yang Sahabat beli. Terkadang, banyak pemilik mobil tidak banyak mengganti keadaan mobil sehingga mobil dijual dalam keadaan orisinal. Nanti, Sahabat bisa mulai memodifikasi aksesori sesuai dengan kebutuhan.

Performa dan Kapasitas Mesin
Avanza hadir dengan dua jenis kapasitas mesin yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Sementara itu, Xenia memiliki dua pilihan kapasitas mesin yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc. Pada kapasitas mesin 1.300 cc, performa antara keduanya tidak berbeda jauh.

Dengan daya maksimum 6.000 rpm, konsumsi mesin Avanza dan Xenia pun hampir mirip. Untuk satu liter bensin, jarak yang ditempuh bisa mencapai 13 kilometer pada perjalanan luar kota, dan sekitar 9 kilometer untuk perjalanan dalam kota. Namun kembali lagi, boros atau tidaknya penggunaan bensin sebenarnya bisa juga dipengaruhi oleh cara pakai pengguna.

Melihat perbandingan diatas, sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan yang ada di dua mobil ini, jadi tinggal pintar-pintar memilih kondisi mobil yang ingin dibeli saja. Jadi, selamat berburu mobil keluarga termurah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

0 komentar:

Post a comment