Tips Mudah Klaim Asuransi Jiwa Saat Tertanggung Meninggal


Cara Klaim Asuransi Jiwa

Sekarang ini, asuransi jiwa menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki sebagai antisipasi apabila terjadi hal yang tidak menyenangkan. Asuransi ini dapat diklaim apabila yang tertanggung meninggal. Namun, sebelum melakukan klaim, Anda harus memerhatikan cara klaim asuransi jiwa agar bisa mendapatkan hak sebagai keluarga tertanggung.

1. Informasikan bahwa tertanggung telah meninggal dunia
Asuransi jiwa dapat diklaim apabila yang tertanggung sudah meninggal dunia sehingga Anda harus menginfokan pada perusahaan asuransi jika pemilik asuransi telah meninggal. Persiapkan salinan surat kematian yang dikeluarkan oleh kantor negara atau rumah duka. Jangan sampai lupa untuk mempersiapkan nomor polis asuransi, status polis, asuransi tertanggung, dan informasi lain yang berkaitan dengan asuransi tertanggung agar pengajuan klaim Anda segera diproses.

2. Lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan
Setelah pengajuan, Anda akan mendapatkan formulir klaim asuransi, lengkapilah formulir tersebut. Dan jangan sampai lupa melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan seperti polis, endorsement (asli), serta surat keterangan yang berkaitan dengan meninggalnya tertanggung contohnya keterangan meninggal dunia.

3. Tunggu proses verifikasi
Apabila Anda sudah mengajukan formulir dan melengkapinya dengan berkas-berkas yang ada, saatnya perusahaan asuransi melakukan pemeriksaan dalam proses verifikasi. Perusahaan akan menganalisa berkas dan bukti-bukti yang dibawa mengenai penyebab kematian tertanggung.

4. Perhitungan kewajiban perusahaan
Setelah proses verifikasi disetujui, maka perusahaan akan melakukan perhitungan kewajiban mengenai jumlah yang harus dibayar perusahaan asuransi pada ahli waris tertanggung. Jika klaim asuransi yang diajukan benar pastinya akan mendapatkan persetujuan dari perusahaan asuransi.

5. Pembayaran klaim asuransi jiwa
Apabila semua proses sudah dilalui dengan baik, saatnya perusahaan melakukan pembayaran klaim pada Anda sebagai ahli waris tertanggung. Pembayaran ini biasanya dilakukan melalui rekening sehingga Anda disarankan untuk menginformasikan rekening bank pada perusahaan asuransi saat pengajuan.

Pastikan jika nomor rekening yang diberikan merupakan rekening pribadi bukan atas nama orang lain. Hal ini sebagai antisipasi karena jika terjadi masalah, Anda akan kesulitan mengurusnya.

Demikian informasi mengenai cara klaim asuransi jiwa yang benar agar klaim bisa segera di proses. Kelengkapan berkas dan bukti-bukti menjadi bagian yang penting agar klaim disetujui.

0 komentar:

Post a comment