Lampu Mobil Pilih yang Halogen, HID atau LED? Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Lampu Mobil

Lampu pada sebuah kendaraan fungsinya tidak sekedar sebagai penerangan saja, melainkan lebih dari itu. Apalagi lampu mobil yang dapat dikatakan sebagai kendaraan dengan jenis lampu yang paling banyak dan juga fungsi berbeda-beda. Digunakan sebagai salah satu sarana untuk menunjang keamanan berkendara. Karena menyalakan lampu kendaraan ini dianggap sebagai kode, dimana nantinya pengguna jalan yang lain juga akan dengan mudah memahami kode-kode tersebut, sehingga dapat mengurangi resiko seperti kecelakaan.

Itulah mengapa jika seandainya salah satu lampu pada kendaraan Anda bermasalah, maka ada baiknya untuk segera diganti dengan yang baru, jangan dibiarkan begitu saja, karena akan mempengaruhi keamanan di dalam berkendara. Mengingat di pasaran sendiri jika dilihat juga ada banyak sekali toko-toko yang menjual aksesoris lampu tersebut. Tinggal membeli saja sesuai dengan jenis yang dibutuhkan.

Jika berbicara mengenai ragam jenis lampu kendaraan ini dilihat dari jenis bohlam yang digunakan, maka setidaknya ada 3 yaitu HID, halogen dan juga yang paling baru adalah LED. Agar tak salah dalam memilih lampu mobil, maka kenali terlebih dahulu beberapa perbedaannya berikut ini, yaitu :

1. Lampu halogen, produk lampu yang paling tua, namun dari tahun ke tahun memang senantiasa mengalami perkembangan. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu ini terbilang cukup kuat. Sehingga kebanyakan ditempatkan pada produk motor atau mobil yang dipakai untuk kegiatan adventure atau penjelajahan. Hanya saja sifatnya yang mudah panas membuat lampu halogen ini tidak tahan lama ketika dipakai, begitu juga dengan konsumsi daya listriknya yang terbilang tinggi. Jadi makin jarang yang menggunakannya.

2. Lampu HID, dalam perkembangan produk lampu Halogen kemudian muncullah lampu Hid ini, dimana komposisinya sendiri adalah gas dan juga logam. Sehingga cahaya yang dihasilkan nantinya hampir mirip dengan cahaya matahari. Belakangan cukup banyak digunakan dalam produk lampu kabut atau yang dikenal sebagai foglamp, karena sinarnya tidak begitu menyilaukan dibandingkan dengan LED, sehingga tetap nyaman dipakai untuk penerangan dalam kondisi berkabut.

3. Lampu LED, dapat dikatakan sebagai produk lampu generasi terbaru , bahannya adalah semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya. Cahaya yang dihasilkan juga jauh lebih terang dan konsumsi daya listriknya lebih irit dibandingkan varian lampu yang lainnya. Namun untuk tawaran harga dari lampu LED ini memang tergolong lebih mahal dibandingkan lampu yang lainnya. namun karena tidak mudah panas maka pemakaiannya sendiri juga tergolong sangat awet dibandingkan lampu-lampu lain.

Beli produk lampu mobil harus mempertimbangkan jenisnya ini, sehingga tidak rugi dalam pemakainya, namun kebanyakan lampu generasi terbaru sudah menggunakan teknologi LED yang lebih tahan lama, beli mudah hanya dari Rumah Modifikasi.

0 komentar:

Post a Comment