Bunda Perlu Tahu, Inilah Tips Cerdas Memilih Mainan Bayi yang Aman


Mainan Bayi

Perlengkapan untuk bayi bisa Anda sediakan sebelum kelahirannya dan akan terus diperlukan seiring pertumbuhan dan perkembangannya. Walaupun begitu, kebutuhan bayi ini tidak hanya terbatas pada peralatan dan perlengkapan bayi saja, melainkan juga mainan bayi. Ya, mainan ini membantu menstimulasi daya tumbuh kembang si kecil.

Saat ini banyak mainan yang dijual dengan murah, namun jika tidak hati-hati dalam membelinya dapat berisiko buruk bagi bayi Anda. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui tips yang harus dilakukan ketika memilih mainan untuk si kecil.

Memilih Mainan untuk Bayi

Berikut adalah tips memilih mainan bayi yang perlu Anda ketahui.

1.      Bahan yang Aman
Tips yang bisa Anda terapkan yaitu memilih bahan mainan yang aman. Pilihlah yang terbuat dari karet atau pun bahan yang tidak berbahaya bagi bayi. Pastikan bahan tersebut tidak menyebabkan alergi pada kulit bayi saat dimainkannya.
Anda bisa mengetahui keamanan bahan mainan ini dengan melihat detail produk mainan. Lihatlah mainan tersebut bebas kandungan BPA atau tidak. Solusi lainnya dengan mengecek bahan mainan tersebut di internet jika Anda tidak mengetahuinya. Hindari juga memberikan bayi mainan yang mudah pecah karena berisiko lebih buruk bagi bayi.

2.      Bentuk dan Tekstur
Penting untuk Anda memilih mainan bayi dengan melihat bagian bentuk dan teksturnya. Bentuk mainan ini tentu untuk memastikan tidak ada bagian yang runcing, sehingga tidak dapat membahayakan bayi saat bermain. Supaya lebih aman Anda sebaiknya mengusahakan untuk memilih mainan bayi yang berbentuk oval, sehingga tidak ada bagian yang runcing.
Lalu untuk tekstur mainan bayi, pilihlah yang teksturnya lembut. Tekstur ini juga penting diperhatikan agar bayi tidak terluka saat bermain. Tekstur mainan juga mempengaruhi berat dari mainan yang digunakan. Tekstur yang lembut identik dengan berat mainan yang ringan, sehingga aman digunakan untuk bayi.

3.      Ukuran yang Ideal
Mainan untuk bayi juga perlu memiliki ukuran yang ideal. Ukuran ini disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak lebih kecil dari ukuran mulut bayi. Mainan yang ukurannya kecil dari mulut bayi dapat berisiko bayi memasukkannya ke dalam mulut.
Hal ini tentu saja berbahaya bagi bayi, terlebih jika Anda tidak mengetahuinya. Misalnya Anda akan membelikan bayi sebuah boneka, pilihlah boneka yang ukurannya tidak bisa dimasukkan ke dalam mulut. Ukuran boneka juga tidak melebihi ukuran tubuh bayi agar tidak membuatnya kesusahan saat memegang boneka itu.

4.      Mudah Dibersihkan
Apa pun yang digunakan oleh bayi harus dijamin kebersihannya karena bayi mudah terserang penyakit. Tidak hanya perlengkapan makan atau tidurnya, mainan untuk bayi Anda juga perlu dijaga kebersihannya. Jadi, tips yang tak kalah penting saat memilih mainan untuk bayi adalah pilihlah mainan yang mudah dibersihkan.

Mainan yang mudah dibersihkan biasanya selalu memiliki kualitas yang terjamin aman untuk digunakan bayi. Misalnya saat memilih boneka untuk bayi, lihat boneka dapat dicuci dengan mudah atau tidak. Pastikan Anda bisa mencucinya dengan mudah tanpa perlu ribet. Bersihkan mainan setiap kali dimainkan bayi menggunakan tisu basah atau kain microfiber agar tidak ada kuman yang menemperl.

Apa pun jenis mainan bayi yang akan dipilih, patikan Anda memperhatikan detail spesifikasi produknya. Lihat keamanan kandungan bahan yang digunakan. Belilah mainan yang sekaligus dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Lebih dari itu, usahakan untuk senantiasa mendampingi bayi ketika bayi tengah bermain.

0 komentar:

Post a comment