5 Peralatan yang Menunjang Permainan Menggambar Untuk Anak


Permainan Menggambar

Permainan menggambar menjadi aktivitas yang direkomendasikan bagi anak. Walaupun seperti kegiatan yang tidak penting, namun ternyata menggambar memiliki manfaat untuk anak. Salah satu manfaatnya yaitu untuk menyalurkan emosi anak dengan cara positif. Maka dari itu, jika Anda sebagai seorang ibu sudah melihat anak mulai mencorat-coret, perlu untuk segera menyiapkan permainan menggambar yang tepat serta peralatan menggambar.

Sebelum menyediakan alat menggambar untuk anak, Anda perlu paham dahulu mengenai peralatan menggambar yang aman. Anda juga perlu untuk memikirkan dengan cermat, manakah yang perlu dibeli, crayon atau pensil warna untuk anak. Karena terkadang tanpa disadari orang tua, anak sering memasukkan jari tangan ke dalam mulut. Jika bahan yang digunakan pada alat gambar mengandung kimia, tentu akan sangat berbahaya untuk anak.

Penting untuk Anda sebagai orang tua melihat terlebih dahulu bahan apa saja yang terkandung pada alat gambar anak. Namun jika anak sudah mulai tumbuh besar dan sudah mengerti mana hal yang berbahaya untuk dilakukan, Anda bisa lebih leluasa memilih alat gambar untuk anak.

Alat yang Dibutuhkan untuk Aktivitas Menggambar
Berikut ini beberapa alat gambar yang bisa dipilih untuk anak. Permainan menggambar anak tentu akan lebih seru dengan alat-alat di bawah ini :

1.      Pensil
Alat pertama yaitu pensil. Untuk memulai tahapan menggambar, pensil menjadi alat yang pertama dibutuhkan. Biasanya orang tua akan membeli pensil 2B untuk anak. Teksturnya sangat mudah untuk digunakan kegiatan menggambar. Hasilnya pun juga bagus dan anak akan nyaman menggambar memakai pensil ini. Namun kelemahannya adalah anak sering mematahkannya karena sifat pensil yang lunak.

2.      Penghapus
Jika ada pensil, maka tentu ada penghapus. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada penghapus. Tentu sebagai orang tua, Anda ingin yang terbaik untuk anak. Tidak heran jika memilih penghapus pensil yang paling bagus, karena bisa berpengaruh pada hasil gambar yang jadi bersih ketika memakai alat ini.

3.      Crayon
Alat ini menjadi alat mewarnai yang sangat banyak digunakan anak-anak. Apalagi crayon ini memiliki pilihan warna yang sangat banyak. Tidak heran jika banyak yang membeli crayon yang super besar, agar anak bebas memilih warna yang diinginkannya.

4.      Pensil warna
Pensil warna juga menjadi alat favorit untuk anak-anak menggambar. Biasanya anak akan memilih pensil warna jika tidak ingin hasil warna yang terlalu tebal. Harga pensil warna juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan crayon.

5.      Spidol
Selanjutnya yaitu spidol. Alat ini juga bisa digunakan untuk mewarnai gambar anak. Namun bahannya cepat habis jika diaplikasikan pada gambar dengan ukuran besar. Selain itu, juga bisa menembus kertas yang membuat anak mungkin kurang nyaman dengan kegiatan menggambarnya.

Itu dia beberapa alat gambar yang bisa digunakan anak dalam permainan menggambar. Namun perlu diketahui, orang tua harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak dalam melakukan kegiatan menggambar. Anda perlu mengecek kandungan bahan alat gambar agar anak tetap aman. Jika tidak ada keterangannya, Anda perlu hati-hati dan sebaiknya tanyakan pada petugas terlebih dahulu.

Nah, selain memastikan alat gambar bebas dari bahan berbahaya, Anda juga bisa memilih jenis crayon atau pensil warna yang tebal, padat, namun tetap empuk ketika dipakai. Karena dengan memilih pensil warna yang seperti itu akan membuat gambar anak semakin bagus dan menarik.

Jika Anda ingin memilih alat gambar yang paling aman, lebih baik memilih pensil warna. Karena pensil warna ini tidak terlalu membekas di tangan, berbeda dengan crayon yang sangat mudah menempel di tangan anak.

0 komentar:

Post a comment