Kamera Terjatuh ke Dalam Air? Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Kamera Di Air
Photo: pexels.com

Kamu pasti sudah tahu jika air adalah elemen yang berbahaya untuk perangkat elektronik seperti kamera digital. Apalagi jika kamu tak sengaja menjatuhkan kamera ke dalam air yang membuatnya basah kuyup.

Nah, jika kamu mengalami hal tadi di mana kamu tak sengaja menjatuhkan kamera ke dalam air, baik itu kamera DSLR, mirorles, pocket atau pun kamera ponsel. Alangkah baiknya kamu tidak panik dan segera lakukan cara atau langkah berikut ini : 

     Ambil Kamera Secepat Mungkin
Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengambil kamera kamu dengan segera dari dalam air. Namun selagi kamu mengambil kamera yang jatuh di dalam air, perhatikan juga keselamatan kamu. Tentunya keselamatan kamu lebih penting daripada kamera yang masuk ke dalam air. 

     Segera Cabut Baterai
Segera cabut baterai kamera kamu, kamu tidak perlu memeriksa kamera masih hidup dengan cara menekan sembarang tombol atau tak perlu juga melihat apakah foto-foto yang kamu ambil masih ada atau tidak. Apalagi kamu  menekan tombol off untuk mematikan handphone kamu. 

Hal yang harus kamu lakukan adalah segera cabut baterai kamera dengan membuka tutup baterai pada kamera kamu. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan aliran listrik antar perangkat elektronik di dalam kamera kamu. Cara ini juga untuk menghindari koslet dan rusaknya komponen elektronika dalam kamera kamu. Ingatlah bahwa air adalah konduktor yang sangat baik. 

     Segera Cabut Memory Card
Segera cabut memory card kamu untuk mengamankannya agar tidak kemasukan air sehingga merusak elemen yang ada di dalam memory card kamera kamu.

     Cari Tempat Teduh
Jika kamu sedang berada di bawah terik matahari, segaralah berteduh. Hal ini dilakukan untuk membuat kamera kamu tidak terpapar panas matahari. Panas matahari akan menguapkan air yang ada di dalam kamera kamu. Penguapan air di dalam kamera kamu akan membuat persebaran air dalam kamera kamu akan lebih luas dan semakin masuk ke bagian terkecil. 

     Lepaskan Lensa
Lepaskan segera lensa kamera, agar kamu tahu seberapa banyak air yang masuk ke dalam kamera. Manfaat melepaskan lensa kamera tak hanya itu saja, namun juga membantu untuk membiarkan kamera kamu terkena suhu ruangan. 

     Lihat Jenis Air
Seandainya kamera kamu terjatuh di air laut, segera bilas dengan air tawar. Air laut mampu menyebabkan korosi dalam waktu yang sangat singkat, hal ini tentunya bisa memperburuk kondisi kamera kamu. Jika kamera kamu basah seutuhnya, maka lakukan dengan cepat yaitu rendam, angkat, dan kibaskan kamera kamu untuk membuat air laut hilang dari kamera kamu.

     Kibaskan Kamera
Gerakan yang terlihat sepele ini akan membuat air yang berada dalam jangkauan mata akan keluar dan tidak tinggal di dalam kamera. 

     Usapkan dengan Lap Halus
Setelah mengibaskannya kamu bisa mengusapkan bagian luar kamera dengan lap atau kain halus. 

     Gunakan Hairdryer
Hairdryer sangat berguna untuk menghilangkan seluruh air yang ada di kamera. Kamu bisa memanfaatkan hairdryer dengan mengarahkannya pada lubang-lubang yang ada pada kamera kamu. Gunakan jeda waktu agar penguapan dari dalam kamera menyesuaikan dengan suhu ruangan. 

     Rendam di Dalam Beras
Lah kok kenapa beras? Beras adalah penyerap kelembaban yang paling baik dan ampuh.  Berikut langkah-langkah ketika merendam kamera di dalam beras : 

-          Pertama, masukkan kamera dalam posisi menghadap ke bawah.
-          Kedua, siapkan sebuah tempat kedap udara yang ukurannya sesuai dengan kamera kamu.
-          Ketiga, hadapkan kamera kamu ke bawah, atau layar kamera menghadap ke atas. Hal ini bertujuan untuk membuat tidak adanya beras yang masuk ke wilayah sensor kamu.
-          Keempat, taburkan beras hingga kamera kamu tertutupi sepenuhnya
-          Kelima, tutuplah dengan rapat dan letakkan di tempat yang kering selama 5-6 hari 

Setelah lima sampai enam hari di dalam beras, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

-          Ambil beras dengan cara mengeruk, sehingga bagian kamera sampai dasar bisa terlihat.
-          Ketika badan kamera diangkat ke atas, tidak ada beras yang bergeser masuk ke dalam bagian sensor. Lensa dan baterai juga dimasukkan ke dalam beras.
-          Lalu lensa sebaiknya dalam posisi focal length terkecil agar elemen optik paling belakang cukup menempel sejajar dengan mounting lensa, letakan dalam posisi tidur.
-          Gunakan blower untuk membersihkan debu-debu dari beras yang menempel.
-          Pastikan tidak ada bulir beras yang masuk ke dalam lubang-lubang kecil pada body kamera kamu.
-          Lensa kamera biasanya akan ditumbuhi jamur, gunakan jasa pembersih lensa atau jika memang bisa dibersihkan sendiri, bersihkanlah dengan teliti pada masing-masing elemen optiknya.
-          Setelah semuanya bersih, masukkan baterai ke tempatnya dan hidupkan kamera kamu.

Semoga saja kamera kamu segera menyala. Jika kamera kamu masih tetap mati, artinya kerusakan di komponen elektroniknya sudah tidak bisa diatasi dengan cara di atas dan jalan satu-satunya bawa kamera kamu ke tempat servis kamera.

***

Kamu sedang mencari tiket promo pesawat terbang dan juga lagi cari hotel murah di Baliatau destinasi lainnya, dapatkan di reservasi.com. Tiket promo pesawat terbang ataupun hotel murah di Bali yang kamu dapatkan di Rersevasi.com pasti jaminan harga terbaik deh.

0 komentar:

Post a comment