Inilah Alasan Tepat Mengapa Dewa 19 Bubar

Dewa 19 Joox

Jika anda diminta menyebutkan beberapa nama band terkenal di Indonesia, salah satunya pasti akan terdapat nama band Dewa 19. Dewa merupakan band bentukan Ahmad Dhani yang berdiri pada tahun 1986 di Surabaya dan pernah beberapa kali mengalami pergantian formasi hingga pada akhirnya dibubarkan pada tahun 2011. Formasi terakhir sebelum dibubarkan, band ini digawangi Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass), dan Agung Yudha (drum). Sejak awal berdiri, band ini sangat merajai panggung musik Indonesia dan memiliki fanbase sangat besar di seluruh Indonesia. semua lagu yang dirilis bergenre rock dan pop, dan mendapat sambutan sangat baik di pasar musik nasional. Salah satu album terlaris dari band asal Surabaya ini adalah Bintang Lima yang sukses terjual hingga 2 juta keping di tahun 2005, menjadikan band ini sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan hingga 14 miliar dalam setahun. Di tengah kesuksesan yang diraih, band ini juga sempat beberapa kali tersandung masalah hukum seperti pelanggaran hak cipta hingga perseteruan dengan ormas Islam.

Band legendaris ini sempat beberapa kali mengalami pergantian formasi, seperti di tanggal 4 Juni 1998, Wong Aksan resmi dikeluarkan dari Dewa karena permainan musiknya yang terlalu kental dengan aroma jazz, digantikan Bimo Laksono. Tidak lama kemudian Bimo keluar dari grup ini dan bergabung dengan Bebi untuk membentuk band Romeo. Masalah besar lainnya bagi Dewa adalah dua personelnya yang mengalami ketergantungan narkoba, yakni Ari Lasso dan Erwin Prasetya. Hal tersebut tentu saja membuat aktivitas band menjadi sangat terganggu. Berbagai tawaran terpaksa ditolak karena saat manggung, Ari seringkali tampil di bawah pengaruh narkoba dan tidak mampu mengontrol diri, hingga penggarapan album tidak pernah selesai karena jadwal rekaman yang sering ditunda, dan akhirnya menimbulkan konflik di tubuh band Dewa 19.

Salah satu alasan pasti mengapa band legendaris Dewa 19 ini dibubarkan adalah karena kesibukan para personelnya, terutama Ahmad Dhani yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengelola Republik Cinta Management (RCM), dan personel lainnya yang juga membentuk band masing-masing. Bagi anda penikmat musik Dewa, anda bisa mendengarkannya secara streaming menggunakan aplikasi JOOX yang bisa diunduh di Google Play Store.

0 komentar:

Post a comment