Bagimana Barcode Scanner Bekerja?

Pernah memperhatikan garis-garis hitam putih dengan angka dibawahnya pada kemasan produk tertentu? Pernah memperhatikan juga, saat Anda berbelanja di supermarket, kemudian kasir menunjukkan garis-garis hitam putih itu pada sebuah mesin hingga muncul harga pada satu alat tertentu? Itulah barcode. 

Barcode merupakan data berupa susunan garis hitam putih atau bentuk lainnya yang hanya bisa dibaca oleh barcode scanner atau barcode reader. Garis hitam putih pada barcode memiliki tingkat ketebalan yang berbeda dimana garis hitam putih tersebut menyimpan data spesifik. 

Barcode tentunya sangat memberikan kemudahan khususnya pada cara kerja kasir. Jika dahulu kasir harus mendata penjualan di komputer secara manual yakni hanya dengan bantuan nama barang serta kode barang saja, kini adanya barcode scanner mampu mempermudah pemasukan data tersebut hanya dengan membaca barcode melalui barcode scanner saja.

Lalu, bagaimana barcode scanner bekerja? 

Bagimana Barcode Scanner Bekerja?



Barcode scanner memiliki 3 bagian yang berperan penting untuk membaca garis hitam putih pada barcode sehingga data spesifik pada barcode bisa tampil. 3 bagian yang berperan penting pada barcode tersebut adalah sistem pencahayaan, sensor/konverter dan yang terakhir decoder. 

Sistem Pencahayaan

Sistem pencahayaan atau dikenal dengan Red Light merupakan salah satu bagian penting dari barcode scanner. Red Light ini akan menerangi garis hitam putih pada barcode secara spesifik.

Sensor/konveter

Sebagai salah satu bagian penting pada barcode scanner, sensor atau konverter ini bekerja secara cepat memantulkan cahaya dari Red Light. Pantulan cahaya yang diterima oleh sensor/konverter dari Red Light ini kemudian dikirimkan pada decoder.

Decoder

Garis hitam putih pada barcode sebenarnya memiliki nilai tersendiri yang sudah diatur oleh perusahaan. Nilai inilah yang akan ditampilkan melalui sistem kerja decoder. 

Hal ini dikarenakan decoder itu sendiri mampu mengubah garis hitam pada barcode menjadi teks atau angka yang sudah diatur sebelumnya. Hal inilah yang diterapkan oleh Codecorp, sebagai salah satu manufaktur barcode scanner ternama dunia.

Dengan cara kerja barcode scanner inilah, kode rahasia pada barcode bisa terbaca dan bekerja sesuai yang sudah diatur sebelumnya.

0 komentar:

Post a comment