Hati-hati! Kecanduan HP Bisa Menimbulkan 4 Penyakit Ini

Hp Samsung

Memanfaatkan HP untuk mendukung aktivitas sehari-hari memang sangat memudahkan kita. Apalagi jika kita beli HP Samsung terbaik di MatahariMall. Pilihan HP yang beragam dengan sistem cicilan 0%-nya memang membuat MatahariMall menjadi toko online paling unggul di Indonesia. Tanpa perlu keluar rumah, membeli HP Android pun bisa dilakukan secara online.

Tetapi kita harus waspada ketika menggunakan HP kesayangan. Jangan sampai kita kecanduan dan mengalami satu dari 4 penyakit berikut ini :

Nomophobia
Nomophobia adalah singkatan dari no mobile-phobia. Penyakit yang satu ini bisa didefinisikan sebagai reaksi cemas berlebihan ketika berjauhan dengan HP atau jenis gadget lainnya. Gejala yang ditunjukkan oleh orang yang mengidap nomophobia adalah gelisah, berkeringat, gugup, bahkan gemetar, dan mual ketika sedang tidak bersama dengan HP-nya.

Insomnia
Beberapa tahun belakangan ini jumlah penderita insomnia semakin meningkat akibat penggunaan HP dan jenis gadget lain secara berlebihan. Penggunaan HP secara berlebihan di malam hari membuat produksi hormon melatonin yang menimbulkan kantuk jadi menurun. Hal ini disebabkan oleh cahaya layar HP yang membuat otak terstimulasi untuk terus aktif. Jika terjadi secara berkepanjangan, insomnia berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti kelebihan berat badan, sakit kepala, dan stres.

Texting Thumb
Kita yang terlalu sering mengirim pesan teks atau menggunakan aplikasi chat sepanjang hari tampaknya harus mulai berhati-hati. Sebab texting thumb adalah penyakit yang menyebabkan cidera pada otot dan syaraf di sekitar jari tangan terutama ibu jari. Gejala awalnya adalah rasa nyeri dan kaku. Sementara pada tingkat yang lebih serius, jari tangan bisa mengalami mati rasa bahkan membutuhkan tindakan bedah medis untuk mengatasinya.

Gangguan Postur Tubuh 
Mayoritas orang pasti akan menunduk atau membungkuk tanpa sadar ketika menggunakan HP. Jika kebiasan ini berlanjut dalam waktu yang lama, bukan mustahil postur tulang belakang akan mengalami perubahan bentuk. Risiko perubahan postur tubuh bahkan menjadi lebih besar pada orang-orang berusia di atas 40 tahun.

Sebagai pengguna teknologi yang bijak, tentu kita paham tentang cara menjaga kesehatan selama menggunakan HP. Menggunakan HP dengan intensitas yang tepat tak akan membuat kesehatan kita terganggu. Tubuh akan tetap fit dan bersemangat, berbagai aktivitas pun jadi mudah diselesaikan dengan HP canggih yang kita miliki.

0 komentar:

Post a comment