Kiat Mudah Belajar Elektronik

Belajar Elektronik
Belajar seputar elektronik merupakan salah satu hobi atau sesuatu yang disukai oleh hampir setiap pria karena dengan belajar mengenai elektronik, Anda dapat merubah, memperbaiki bahkan menambah komponen dan membuat alat elektronik yang semula biasa saja dapat berubah menjadi luar biasa dan bahkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi, tidak semua mampu untuk mengerjakannya dan belajar elektronik.  Namun, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin mempelajarinya bahkan jika Anda hanya seorang pemula.

Sebelum Anda mempelajari elektronik, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Tumbuhkan minat dan niat untuk belajar karena Anda tidak akan mampu mendapatkan apapun jika Anda sama sekali tidak ada niat untuk menerima dan menambah ilmu. Elektronika merupakan salah satu ilmu yang agak rumit dan membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena jika salah dalam merangkai akan membuat aliran lainnya menjadi kacau dan alat tidak dapat terbentuk atau diperbaiki. 

Ketika Anda telah mempersiapkan diri Anda, persiapkan perlengkapan yang akan Anda butuhkan serta buku panduan yang kiranya dapat membantu Anda untuk belajar. Dalam belajar elektronik, Anda harus mengetahui beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh teknisi service elektronika diantaranya yaitu:

Solder untuk memanaskan timah patri dan sebaiknya gunakan solder yang memiliki pengaturan watt.
Obeng plus maupun minus.
Attractor atau penyedot timah yang digunakan ketika Anda ingin mencopot IC atau digunakan untuk mencopot komponen.
Multimeter untuk mengukur hambatan, tegangan, arus dan rangkaian elektronika.
Tang potong untuk memotong kawat, kabel serta tang lancip untuk menjepit serta terdapat tang multi.
Pinset untuk mengambil dan menjepit komponen di areal sensitif.

Selanjutnya adalah mengenali komponen elektronika. Terdapat beberapa komponen wajib yang harus diketahui ketika Anda ingin belajar. Misalnya untuk jenis komponen elektronika pasif seperti resistor, kapasitor, lilitan. Sedangkan untuk komponen aktif diantaranya adalah dioda yang berfungsi untuk penyearah arus, transistor untuk penguat arus, IC atau integrated circuit.

Langkah dan kiat selanjutnya untuk belajar elektronik bagi pemula yaitu:

Belajar mengenai cara menghitung serta cara mengukur komponen yang hendak digunakan atau komponen lainnya.
Ketika Anda telah dapat mengukur dan menghitung komponen, Anda dapat belajar menyolder sebagai langkah pertama untuk praktek elektronik. Anda dapat menyolder kabel, atau jenis rangkaian lainnya. Usahakan untuk dapat menyolder dengan benar dan rapi sebelum ke tahap yang selanjutnya karena ketidakrapian dan kesalahan dalam menyolder dapat menyebabkan akibat fatal pada rangkaian.
Merakit rangkaian dan dimulai dari dasar misalnya dengan membuat lampu flip flop.
Jika Anda telah mahir merakit, coba untuk membetulkan barang elektronik yang ada di rumah Anda dan dimulai dari yang ringan terlebih dahulu. 
Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat belajar dan bekerja.

0 komentar:

Post a comment