Mengenal Karakteristik Bahan Rayon

 

Karakteristik Bahan Rayon

Rayon adalah salah satu kain paling populer di industri tekstil. Tidak hanya digunakan untuk pakaian dalam bentuk kaos, rayon juga sering digunakan sebagai bahan dasar produksi jilbab atau busana muslim. Memang bisa dikatakan kepopuleran dan karakteristik bahan rayon tidak kalah dengan kain katun. Karena sifatnya yang tipis dan rapuh, bahan kaos rayon perlu diolah dengan hati-hati. 


Mengenal Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Rayon

Rayon merupakan bahan yang berasal dari serat selulosa yang diregenerasi atau dinding sel tumbuhan. Ada juga kain rayon yang terbuat dari pulp kayu giling yang telah dihaluskan. Inilah sebabnya mengapa rayon diklasifikasikan sebagai bahan semi-sintetis. Memang, komposisi dasar kain ini tidak sepenuhnya alami. Beberapa orang mungkin masih kesulitan membedakan rayon dengan kain lainnya. Untuk itu, perhatikan perbedaan karakteristik kain rayon berikut ini:


Tidak mudah kusut.

Kilaunya terlihat alami.

Teksturnya halus, licin dan lembut seperti sutra.

Daya serap tinggi mirip kapas.

Bahannya mudah dicampurkan berbagai warna, sehingga variasi warnanya sangat beragam.

Retensi atau daya tahan bentuk rayon cenderung lebih rendah. Hal ini membuat teksturnya kurang elastis.

Lebih mudah terbakar dibandingkan bahan lain yang juga terbuat dari serat tumbuhan. 

Rayon biasa (viscose) memiliki ketahanan yang buruk terhadap sinar matahari, perendaman yang lama dalam air, jamur, asam, dan suhu ekstrem.


Mengenal Berbagai Jenis Bahan Rayon

1. Rayon Polyester (PE)

Bahan ini merupakan hasil kombinasi dari polyester dan rayon. Semakin tinggi kandungan poliester, semakin murah harga rayon PE pada umumnya. Kandungan poliester yang tinggi akan membuat kain agak kasar, kaku dan mudah robek saat digunakan.


2. Rayon Jersey

Jersey rayon terbuat dari campuran benang rayon dan jersey. Benang jersey sendiri terbuat dari campuran bahan sintetis, wol dan katun. Kain jersey rayon sering dijual dalam gulungan besar dengan informasi persentase benang jersey yang digunakan.


3. Rayon Spandeks

Jenis rayon ini lebih unggul dari bahan rayon lainnya. Memang teksturnya lebih elastis, lembut dan nyaman digunakan. Salah satu ciri khas rayon spandex adalah hadir dalam berbagai warna yang cerah dan bervariasi. Tak heran jika rayon jenis ini sering digunakan sebagai bahan dasar kaos, syal, dan pakaian olahraga.


4. Rayon Crinkle

Seperti namanya, rayon crinkle memiliki keunikan berupa tekstur yang tidak rata dan berkerut menyerupai kulit jeruk. Namun teksturnya tetap halus, lembut dan tidak terlalu tebal. Gaun rayon lipit akan tetap sangat nyaman di cuaca panas.


Kelebihan Kain Bahan Rayon yang Perlu Anda Tahu

1. Teksturnya Lembut dan Licin

Salah satu keunggulan rayon yang membuatnya begitu populer yaitu teksturnya yang lembut dan licin. Tekstur yang halus ini tidak menimbulkan gesekan yang terlalu besar pada permukaan kulit. Dengan begitu, risiko iritasi kulit akibat bahan pakaian bisa diminimalisir.


2. Tidak Mudah Kusut

Karena teksturnya yang lembut dan licin, rayon tidak mudah kusut meski digunakan dalam waktu lama. Anda juga menjadi lebih percaya diri saat mengenakan pakaian rayon karena pakaian ini akan terlihat lebih baik sepanjang hari.


3. Harganya Terjangkau

Rayon dijual dengan harga terjangkau apalagi jika Anda membeli dalam gulungan. Tak heran, pakaian berbahan rayon kerap ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.


Inilah karakteristik bahan rayon yang bisa Anda pahami terlebih dahulu beserta keunggulannya. Anda juga bisa mengunjungi cleanipedia.com untuk memahami bagaimana cara merawat pakaian berbahan rayon agar lebih tahan lama. 

0 komentar:

Post a Comment