CocoroLife

Gaya Renang yang Cocok Untuk Pemula, Apa Saja?

Gaya Renang
 

Apakah Anda ingin belajar berenang sebagai salah satu variasi olahraga yang dilakukan? Sebagaimana diketahui bahwa renang menjadi jenis olahraga yang sangat disarankan karena memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Tidak hanya itu, ada beberapa gaya renang yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan menyenangkan saat berolahraga.


Nah, berbincang tentang gaya berenang, ada beberapa gaya yang cenderung disarankan bagi pemula. Tentu, gaya-gaya berenang tersebut cenderung lebih mudah dilakukan tanpa memerlukan teknik tinggi.


Lantas, apa saja gaya renang yang cocok untuk pemula tersebut? Simak ulasannya!


Teknik Dasar Berenang yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas tentang gaya berenang yang cocok untuk pemula, ada beberapa teknik dasar berenang yang perlu diketahui. Tentu saja mengetahui teknik ini cukup penting sebagai persiapan agar aktivitas berenang bisa dilakukan dengan benar.


Beberapa teknik dasar berenang yang dimaksud adalah sebagai berikut:


1) Pernafasan 

Teknik dasar berenang yang pertama adalah pernafasan. Bisa dikatakan bahwa teknik ini sangat penting karena akan membantu Anda untuk mengambil dan membuang udara di dalam air. Tanpa latihan yang baik, bernafas sambil mempraktikkan gaya berenang cenderung susah untuk dilakukan.


2) Mengapung 

Mengapung adalah teknik dasar berenang yang juga sangat penting. Dengan menguasai teknik ini maka nantinya Anda bisa menahan tubuh agar senantiasa berada di permukaan air.


3) Meluncur

Satu lagi teknik dasar berenang yang penting adalah meluncur. Meluncur adalah gerakan awal yang dilakukan sebelum berenang. Dengan menguasai teknik ini, Anda nantinya bisa berenang dengan lebih leluasa.


Nah, ketiga hal di atas adalah teknik dasar berenang yang sebaiknya dikuasai sebelum belajar tentang gaya berenang. Tentu, untuk penguasaan, diperlukan latihan yang memadai.


Gaya Berenang yang Cocok Untuk Pemula

Untuk Anda yang baru belajar berenang, ada beberapa gaya berenang yang cenderung cocok bagi pemula. Beberapa gaya yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


1) Gaya dada

Gaya dada adalah salah satu gaya berenang yang umumnya akan diajarkan pertama kali pada pemula. Pasalnya, gaya ini termasuk salah satu gaya berenang yang paling mudah untuk dilakukan. 


Beberapa kalangan menyebut gaya dada sebagai gaya katak. Pasalnya, gerakan yang dilakukan pun mirip dengan gerakan katak ketika berada di air. 


Kelebihan dari gaya berenang ini adalah kepala nantinya akan senantiasa berada di atas permukaan tanah. Oleh karenanya, visibilitas akan cenderung terjaga dan Anda juga bisa mengatur napas dengan baik.


2) Gaya bebas

Untuk pemula, gaya dada juga merupakan gaya berenang yang cukup mudah untuk dipelajari. Saat melakukan renang dengan gaya ini, posisi tubuh horizontal dengan wajah yang menghadap ke bawah. Selain itu, gerakan kaki dilakukan seperti melakukan tendangan secara bergantian dan lengan bergerak secara bersamaan dengan gerakan mengayuh ke depan.


Salah satu keuntungan dari gaya berenang ini adalah efisien dan juga cepat. Selain itu, energi yang dikeluarkan ketika melakukan gaya ini cenderung tidak terlalu banyak sehingga Anda yang masih pemula bisa terhindar dari masalah kelelahan ataupun cedera pada bagian persendian yang bisa terjadi. 


Setidaknya, kedua gaya berenang di atas bisa menjadi tahapan pembiasaan terlebih dahulu untuk Anda yang sedang belajar berenang. Nantinya, jika kedua gaya renang tersebut sudah berhasil dikuasai, Anda bisa bergeser untuk mempelajari gaya berenang lainnya yang lebih kompleks, seperti gaya punggung. Tentu, untuk menguasai beragam gaya berenang, diperlukan latihan yang teratur. 

0 komentar:

Post a Comment