Apakah Gusi Turun Bisa Sembuh?

 

Gusi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah gigi berlubang yang sering terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Tapi bagaimana dengan gusi yang turun? Meski kurang umum, gusi turun tidak bisa dianggap remeh namun gusi turun bisa sembuh dengan penanganan yang tepat. 


Apakah Gusi Turun Bisa Kembali Normal?

Gusi turun atau resesi gingiva merupakan kondisi gusi yang tenggelam atau surut dari permukaan gigi sehingga struktur gigi terlihat jelas hingga ke akar gigi. Gusi dan gigi yang tidak enak dipandang tentu dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat seseorang enggan memamerkan senyum manisnya. Tak hanya itu, masalah kesehatan ini juga membuat gusi dan gigi menjadi lebih sensitif. 


Akibatnya, seseorang akan lebih cenderung mengalami rasa perih pada gusi atau gigi yang bermasalah, terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Lantas, apakah ada cara untuk membuat gusi turun kembali normal? Faktanya, gusi yang telah berhenti berkembang tidak dapat kembali ke bentuk semula. Meski begitu, ada cara untuk mengobati gusi yang turun agar tidak semakin parah.


Mengobati Gusi Turun


1. Membersihkan gigi dengan baik

Perawatan untuk gusi yang turun tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Salah satu penyebab paling umum dari gusi turun yaitu kurangnya perawatan mulut. Jika iya, pastikan Anda melakukan perawatan gigi yang tepat dan teratur. Biasakan menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Berlatih menyikat gigi dengan benar dan sesuai anjuran. 


Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya luka baru pada gusi dan menjaga gigi agar bebas dari kotoran dan kuman. Tidak kalah pentingnya adalah penggunaan benang gigi (dental floss). Flossing dapat membantu menjaga area yang sulit dijangkau dengan sikat gigi, seperti di antara gigi dan garis gusi agar tetap bersih dan bebas dari sisa makanan. 


2. Scaling gigi

Plak yang mengeras berubah menjadi karang gigi yang membandel, yang sulit dihilangkan dan dapat memperburuk resesi gusi. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan menunjuk untuk melakukan scaling karang gigi. 


Dokter akan menghilangkan plak dan karang gigi yang menempel di garis gusi dan sela-sela gigi dengan alat yang disebut ultrasonic scaler. Scaler ultrasonik ini menciptakan getaran yang mampu menghancurkan dan menghilangkan karang gigi yang paling sulit dan paling sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi biasa.


3. Cangkok jaringan lunak

Cangkok jaringan lunak adalah cara lain untuk mengobati gusi turun yang sudah sangat parah hingga mengganggu kesehatan. Dalam prosedur bedah ini, seorang dokter gigi yang berspesialisasi dalam gusi dan tulang (periodontis) akan memotong bagian langit-langit untuk mengambil jaringan ikat subepitel yang ada di dalamnya.


Setelah itu, dokter akan menempelkan jaringan tersebut di sekitar akar gigi yang terbuka. Setelah jaringan ikat subepitel berhasil dan ditempelkan pada akar gigi, dokter akan menjahit bagian-bagian langit untuk menutupnya. Terkadang dokter dapat langsung mengambil jaringan gusi di sekitar gigi yang sakit sehingga tidak ada proses menyayat langit-langit mulut. 


Jangan sampai menunggu timbulnya masalah pada gusi meskipun gusi turun bisa sembuh dengan beberapa langkah. Sebaiknya jaga kesehatan gusi dan gigi dengan menggunakan pasta gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent Gum Care. Pasta gigi ini memiliki kandungan Fluoride, Zinc, mineral HAP yang dapat melindungi gusi dan juga membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi dalam 30 detik. 


0 komentar:

Post a Comment