Cara Merawat Tabung Oksigen Kecil Dirumah dengan Mudah dan Aman

 

Tabung Oksigen Kecil

Tabung oksigen kecil maupun ukuran lainnya saat ini sudah bisa dicari dengan mudah melalui online di berbagai e-commerce. Meskipun pembelian tabung oksigen sudah mudah, namun sebelum Anda membeli tabung oksigen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Salah satunya yaitu dengan memperhatikan cara penyimpanan dan merawat tabung oksigen. Hal ini menilik tabung oksigen sudah tidak lagi menjadi alat medis yang hanya tersedia di rumah sakit saja, tetapi bisa Anda gunakan dirumah.


Tak sedikit orang akan menyetok tabung oksigen dirumah, terutama jika terdapat pasien PPOK atau orang yang memiliki penyakit gangguan paru-paru seperti asma. Mengetahui cara menyimpan tabung oksigen sangat penting supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Perhatikan Hal Ini Jika Memiliki Tabung Oksigen Dirumah


- Perhatikan Cara Membersihkan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda memiliki tabung oksigen dirumah dan mulai nampak kotor yaitu memperhatikan cara membersihkan tabung oksigen. Pastikan ketika Anda membersihkan tabung oksigen tidak menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar.


Anda bisa membersihkan tabung oksigen yang sudah kotor cukup menggunakan air saja. Hindari menggunakan cairan yang sekiranya mudah terbakar atau jenis-jenis cairan kimia yang lainnya.


- Perhatikan Jarak Penempatan

Selain memperhatikan cara membersihkan tabung, memperhatikan jarak penempatan juga sangat penting. Merawat tabung oksigen memanglah gampang-gampang susah karena selain memiliki isi yang sangat dibutuhkan, oksigen merupakan gas yang mudah terbakar.


Pastikan Anda menempatkan tabung oksigen pada tempat yang berjarak 1,5meter hingga 3meter dari tempat yang menimbulkan api. Jarak tersebut merupakan jarak aman penempatan.


Jarak tersebut juga menghindari terjadinya kebakaran atau percikan api. Hal-hal yang bisa membuat percikan api atau kebakaran yaitu alat-alat listrik, kompor ataupun benda-benda yang mudah mengeluarkan api.


- Hindari Cairan yang Mengandung Alkohol

Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu dengan menghindarkan tabung oksigen dari cairan yang mengandung alcohol. Alcohol merupakan cairan yang mudah terbakar, sehingga pastikan cairan tersebut tidak diletakkan didekat tabung.


Tak hanya itu saja, ketika menggunakan oksigen juga pastikan tidak menggunakan cairan yang mengandung alcohol seperti parfum hinngga lotion. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebakaran ataupun percikan api.


- Jangan Abaikan ketika Bocor

Hal lain yang tak kalah penting dalam menggunakan tabung oksigen yaitu tetap memperhatikan tabung ketika terjadi kebocoran.  Pastikan Anda tidka memperbaiki sendiri ketika terjadi kerusakan baik itu bocor maupun hal lainnya pada tabung oksigen. 


Ketika terjadi kebocoran pada tabung, pastikan tabung tidak dalam posisi tergeletak. Tabung yang tergeletak pada saat terjadi kebocoran bisa saja terlempar sehingga bisa membahayakan sekitar.

- Paham Penggunaan Tabung Oksigen

Hal lain yang juga sangat penting diperhatikan yaitu seluruh anggota keluarga pastikan memahami cara penggunaan hingga merawat tabung oksigen. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Pastikan rumah juga memiliki sistem kebakaran atau alat pendeteksi kebakaran yang baik. Anda bisa memasang detector asap pada rumah supaya menghindari terjadinya kebakaran.


Pastikan anggota keluarga yang dirumah juga tidak menyalakan api ataupun merokok pada lingkungan sekitar tempat penyimpanan tabung oksigen. Memahami penggunaan tabung oksigen sangatlah penting, selain memudahkan dalam menggunakan, hal ini juga memudahkan dalam merawat tabung oksigen dirumah.


Dengan mengetahui cara merawat tabung oksigen, Anda bisa menggunakan tabung oksigen tersebut dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dengan aman dan mengetahui langkah antisipasi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

0 komentar:

Post a Comment