Mau Berinvestasi? Beberapa Hal Ini Wajib Dipertimbangkan!

Investasi Bagus


Sekarang ini, memang ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan pendapatan. Sebut saja, emas, saham, reksa dana, obligasi, Investasi Unit Link yang bagus, dan lain sebagainya. Semua instrumen investasi ini tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan keuntungan untuk Anda.


Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi di salah satu instumen investasi tersebut, maka ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu: 


1. Profil risiko

Semua jenis investasi pasti memiliki risiko. Bahkan keuntungan dengan risiko investasi umumnya berbanding lurus. Artinya, semakin tinggi peluang Anda mendapat keuntungan besar, maka risiko kerugian yang mungkin terjadi juga semakin besar.


Untuk itulah, Anda disarankan untuk mengenali profil risiko investasi tersebut terlebih dahulu. Dari sini Anda bisa menilai seberapa jauh toleransi Anda bisa menerima risiko terhadap kemungkinan terjadinya kerugian investasi.


2. Stabilitas produk investasi

Seperti yang sudah disebutkan, semua produk investasi pasti memiliki tingkat risiko yang berbeda. Untuk Anda yang masih pemula, ada baiknya menghindari investasi dengan ketidakpastian risiko yang tinggi, seperti pasar saham. Kecuali jika Anda berinvestasi dengan didampingi oleh orang yang telah berpengalaman.


Jika tidak, maka Anda bisa memilih investasi pada produk yang cenderung stabil, misalnya seperti investasi saham. Anda juga bisa berinvestasi melalui asuransi unit link jika ingin mendapatkan manfaat double sekaligus. 


 3. Fleksibel

Pilihlah investasi yang bersifat fleksibel, di mana Anda bisa dengan mudah menarik dana investasi dalam kondisi tertentu. Misalnya saja ketika diprediksi bahwa investasi tersebut akan mengalami kerugian, atau pada saat Anda membutuhkan dana tersebut untuk suatu kebutuhan.


4. Diversifikasi produk investasi

Ketika berinvestasi, pastikan untuk tidak menempatkan uang hanya di satu produk investasi saja melainkan di banyak tempat. Dengan begitu, peluang Anda mendapatkan keuntungan akan semakin besar dan tingkat kerugian yang dialami bisa semakin kecil.


Bisa dibayangkan  jika Anda hanya menaruh uang di satu instrumen investasi dan terjadi penurunan besar-besaran pada produk tersebut. Uang yang Anda investasikan tentunya bisa hilang begitu saja. Untuk itu, sebarlah uang Anda untuk beberapa instrumen investasi agar tidak mengalami kerugian lebih banyak. 


Itu dia beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk berinvestasi. Jangan sampai salah pilih, ya!

0 komentar:

Post a Comment