Manfaat Pepaya yang Bagus Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

 

Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui. Mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi perlu dilakukan oleh ibu yang sedang  menyusui. Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah pepaya, termasuk salah satunya untuk memperlancar asi dan menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Kandungan Buah Pepaya yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

1. Kaya Akan Kalori yang Baik Untuk Menyusui

Ibu menyusui harus mengonsumsi makanan bergizi demi menjaga kesehatan tubuhnya. Mengonsumsi aneka macam asupan bergizi juga dapat bermanfaat bagi bayi karena kandungan asi yang dikonsumsi tergantung dari makananan yang ibunya konsumsi. Ibu yang menyusui akan membutuhkan lebih banyak asupan kalori untuk aktif menyusui. 

Selain menjaga pola makan sehat, ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan kalori tersebut. Ibu menyusui akan membutuhkan sebanyak 450-500 kalori ekstra tiap harinya. Salah satu sumber kalori yang baik adalah buah pepaya matang.  Itulah mengapa pepaya adalah buah yang bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui.

2. Mengandung Banyak Vitamin yang Baik Untuk Tubuh

Vitamin yang terkandung dalam buah pepaya ini diantaranya adalah vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B9 Folat. Selain itu pepaya juga mengandung Zat Besi, Potasium, dan Kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi. Kandungan nutrisi dalam buah pepaya akan sangat baik untuk kesehatan si bayi.

Vitamin A pada pepaya misalnya, dengan kandungan ini akan sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan bayi. Selain itu, vitamin A pada pepaya juga baik untuk kesehatan mata, kulit dan juga otak. Didalam buah pepaya juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Nutrisi yang terkandung dalam pepaya ini dapat menangkal radikal bebas dan juga menyaring virus yang mungkin bisa masuk ke dalam tubuh. Kandungan betakaroten dalam pepaya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah mengapa pepaya adalah buah yang bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui.

3. Nutrisi yang Baik Untuk Menjaga Tubuh dan Pikiran

Penelitian telah membuktikan bahwa pepaya juga mengandung banyak antioksidan. Penelitian menyatakan bahwa pepaya merupakan sumber antioksidan yang sangat mudah untuk diserap tubuh jika dibandingkan dengan buah dan sayuran lain. Inilah mengapa pepaya sangat baik untuk tubuh terutama untuk ibu menyusui.

Selain itu buah pepaya juga mengandung galactagogue. Kandungan nutrisi ini diyakini dapat meningkatkan produksi asi. Tentu saja dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah pepaya ini membuatnya menjadi menu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut membuat buah ini banyak digemari.

Terkadang ibu yang sedang menyusui akan mengalami perubahan mood yang drastis dan dapat memicu terjadinya stress. Beragam kendala seperti produksi asi yang sedikit dapat menjadi pemicu penyebab stress ini. Selain itu kekurangan kalium juga dapat menyebabkan mudahnya merasa stress. Itulah mengapa mengkonsumsi buah pepaya menjadi buah yang bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui.

Kandungan kalium yang terkandung dalam pepaya dapat membantu memperbaiki mood ibu. Dengan memproduksi cukup kalium dari buah pepaya, ibu menyusui akan dapat merasa lebih rileks dan suasana hatinya akan jadi membaik. Buah yang terlihat sederhana ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik ya.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah pepaya sehingga buah ini sangat baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Jangan lupa bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan bergizi lainnya yang tentunya bisa menjadi menu lengkap 4 sehat 5 sempurna.


0 komentar:

Post a Comment