Pahami Peran Utama Dewan Komisaris Dan Direktur Utama Dalam Struktur Organisasi Mayora

 

Struktur Mayora


Dalam suatu perusahaan, penting hukumnya untuk memperhatikan pola manajemen organisasi. Pada jajaran manajemen perusahaan termasuk struktur organisasi Mayora, kerap kali ditemui istilah komisaris dan juga direktur utama yang memiliki peran berbeda. Ingin tahu? Berikut ulasan lengkapnya.


Peran Utama Dewan Komisaris

Seorang komisaris memiliki jabatan tertinggi dalam perusahaan, yang mana mereka juga bertindak layaknya sebagai pemilik perusahaan ataupun saham. Posisi komisaris mengharuskannya untuk dapat bekerjasama dengan direksi untuk dapat bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.


Adapun tugas dan juga tanggung jawab utama seorang komisaris yaitu melakukan pengawasan terhadap pengurusan perusahaan yang telah dilakukan oleh direksi perusahaan. Tidak ketinggalan juga posisi komisaris berperan untuk bisa memberikan nasihat berkenaan dengan kebijakan direksi ketika menjalani perusahaan.


Singkatnya seorang komisaris yang berada dalam suatu perusahaan merupakan sekumpulan orang yang telah ditunjuk untuk bisa mengawasi kegiatan apa saja yang telah direncanakan. Selain itu komisaris juga berperan penting dalam mengawasi kegiatan internal maupun operasional perusahaan.


Tugas Direktur Utama Dalam Perusahaan

Umumnya dalam perusahaan melakukan susunan formula serta pembentukan strategi untuk mengarahkan kegiatan bisnis yang dilakukan. Meskipun perusahaan sudah memiliki tim tersendiri untuk dapat menyusun strategi bisnis berdasarkan divisi masing masing, namun sebenarnya hal tersebut menjadi tugas serta wewenang direktur utama perusahaan.


Seperti halnya direktur utama yang ada di struktur organisasi Mayora, direktur juga dituntut untuk dapat menyusun strategi rencana yang dapat mengarahkan bisnis. Tentu strategi memiliki tujuan untuk dapat mencapai keseluruhan target perusahaan demi pengembangkan visi serta misi perusahaan yang telah ditetapkan.


Apabila perusahaan sudah mencapai target atau tujuannya, tugas direktur utama tidak hanya sampai disitu saja. Melainkan direktur utama juga harus melakukan evaluasi kesuksesan melalui metode tertentu. Atau jika perusahaan tidak berhasil mencapai target, maka direktur utama harus mencari tahu alasan ketidakberhasilan yang dialami perusahaan.


Itulah ulasan singkat seputar peran utama komisaris dan juga direktur utama secara umum dalam perusahaan. Namun beberapa peran diatas adalah tugas yang dirangkum secara umum. Tidak menutup kemungkinan pada setiap perusahaan memiliki tugas serta tanggung jawabnya yang berbeda. 

0 komentar:

Post a comment