Beberapa Kategori Repeater yang Masih Jarang Diketahui

 

Cara Kerja Wifi

Apa itu repeater mungkin menjadi banyak pertanyaan di tengah-tengah masyarakat, terlebih istilah ini cukup sering digunakan di dunia internet. Repeater atau pengulangan adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menguatkan sinyal dengan cara mentransmisikannya kembali. Sebagai penguat, alat ini biasanya dihubungkan dengan berbagai jenis koneksi internet seperti Wi-Fi yang bisa menjadi solusi apabila jaringannya sulit dijangkau.

Setiap pengguna yang mengandalkan repeater akan secara otomatis mampu meningkatkan cara kerja Wi-Fi dan membuat pancaran sinyalnya semakin kuat. Ada beberapa jenis atau kategori repeater yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya sehingga saat membeli penguat sinyal tidak akan salah. Selain itu, masing-masing jenis tersebut juga akan mempengaruhi tingkat kekuatan sinyal yang dihasilkan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kategori repeater berikut ini.

Telephone Repeater

Jenis repeater yang pertama adalah telephone repeater yang biasa dipasang di bagian saluran telepon. Biasanya, ketika menjalin komunikasi lewat telepon sinyal dalam jangkauan area yang pada dasarnya susah sinyal akan sangat sulit untuk membuatnya jernih. Alhasil komunikasi menjadi terganggu dan pesan yang ingin disampaikan tidak dapat ditangkap dengan baik.

Di sinilah fungsi telephone repeater yang mampu menguatkan sinyal dan mendegradasi jarak tempuhnya menjadi lebih fleksibel. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal dua arah sehingga sinyal yang diterima oleh pengguna menjadi lebih jernih. Hal ini akan sangat membantu ketika keduanya berada di tempat yang tidak strategis.

Optical Communications Repeater

Sesuai dengan namanya, jenis repeater satu ini berhubungan dengan serat optik fiber optic cable. Fungsinya tentu saja digunakan untuk menguatkan sinyal yang ada di dalam kabel optic sehingga penangkapannya menjadi lebih jernih. Di dalam kabel optik satu ini juga terdapat informasi digital secara fisik yang diwujudkan dalam bentuk light pulses pulsa cahaya.

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan apa itu repeater dari jenis satu ini karena cara kerjanya cukup unik. Jika biasanya repeater lain menggunakan sistem jaringan, maka jenis satu ini memiliki fototransistor. Fototransistor tersebut mampu mengubah pulsa cahaya menjadi bentuk sinyal elektrik yang kemudian masih diperkuat lagi dengan amplifier.

Setelah mengetahui apa itu repeater, mungkin Anda sudah tidak sabar untuk memilikinya karena masalah koneksi internet ataupun sinyal yang kurang stabil. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan sangat mudah melalui menggunakan Hypernet sebagai internet service provider paling berkualitas di Jakarta. 

Hypernet menyediakan berbagai layanan repeater yang siap menguatkan koneksi internet service milik Anda sehingga tidak akan ada lagi kendala yang ditemukan. Jadi tunggu apalagi? Segera gunakan layanan internet service provider dari Hypernet dan rasakan berbagai keuntungan yang ditawarkannya. Untuk informasi lebih lengkap langsung saja kunjungi https://hypernet.co.id.

0 komentar:

Post a comment