Penyebab Luka Bakar dan Cara Pengobatannya

Basuh Luka Bakar

Luka bakar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, apalagi Anda sering bersentuhan dengan api atau sumber panas lainnya, pasti sangat beresiko terkena luka bakar pada permukaan kulit. Misalkan, tukang las, koki, petugas kelistrikan, pekerja pabrik, dan lain sebagainya. mungkin juga luka bakar tersebut diakibatkan karena kelalaian atau ketidaksengajaan, seperti tertumpah air panas, tersengat listrik, cipratan minyak panas, kebakaran, dan lain-lain. Semua luka bakar tersebut mungkin seharusnya dilakukan pertolongan pertama dengan mengoleskan salep untuk luka bakar terlebih dahulu sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Adapun sumber penyebab luka bakar bisa terjadi di area permukaan kulit, karena beberapa hal berikut ini

Panas (suhu di atas 60°C), contoh: api, uap panas, benda panas
Listrik, contoh: listrik rumah tangga, petir
Kimia, contoh: soda api, air aki (zuur)
Radiasi, contoh: sinar matahari (ultraviolet), bahan radio aktif

Sedangkan cara atau tindakan pengobatan luka bakar sendiri, yaitu bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

Basuh luka dengan air mengalir
Jika saja luka bakar tersebut menempel bahan kimia, maka alirkan air selama kurang lebih 20 menit atau lebih agar bahan kimia yang menempel pada luka bakar tersebut bisa hilang dan bersih.

Lepaskan pakaian dan perhiasan yang dipakai
Apabila pakaian ternyata melekat pada luka bakar, cara mencopotnya digunting saja. Tidak boleh dilepas dengan cara dipaksa, karena pakaian tersebut sudah menempel dengan kulit dan pastinya akan terasa sangat sakit. Begitupun perhiasan, lepaskan dengan perlahan agar tidak merusak permukaan kulit yang terbakar semakin terbuka.

Tutup luka bakar
Gunakan alat-alat penutup luka yang tersedia di kotak P3K Anda, seperti kasa atau penutup luka yang steril yang sekiranya jika dipasang tidak akan menempel pada luka bakar tersebut. tidak juga memecahkan gelembung saat menutup luka bakar.

Tidak menggunakan pasta gigi, kecap, kopi, atau air es untuk mengoles luka yang masih baru

Segera rujuk ke rumah sakit
Apabila kondisi luka bakar masuk pada kategori berat atau parah, maka secepatnya untuk meminta rujukan ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan perawatn di rumah sakit besar. melalui penanganan yang tepat di rumah sakit, luka bakar dan luka lama sembuh dengan secepatnya.

0 komentar:

Post a comment