CocoroLife

Metode B2B Digital Procurement untuk Tingkatkan Nilai Perusahaan


B2B digital procurement

Procurement merupakan salah satu metode yang perlu kamu perhatikan karena memiliki kaitan yang sangat erat dengan kegiatan produksi dan operasional suatu perusahaan. Bahkan nilai efektivitas perusahaan bisa ditingkatkan melalui pengadaan barang atau jasa B2B digital procurement. Nah berikut beberapa metode yang bisa dijadikan alternatif pilihan.

B2B Digital Procurement dengan Metode Pengadaan Langsung


Pada dasarnya apa beberapa metode pengadaan yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi sangat disarankan bagi perusahaan untuk memilih salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan pengadaan sesuai dengan kondisi perusahaan. Salah satu metode yang paling sederhana dan sering dilakukan adalah pengadaan langsung.

Sebenarnya apa sih pengadaan langsung itu? Pengadaan langsung merupakan pembelian barang baku ataupun barang setengah jadi akan berdampak pada operasional dan berkelanjutan ke proses produksi. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk metode ini memang tergolong besar dan harus rutin dilakukan. Bahkan pengontrolnya juga lebih ketat karena mencakup semua hal.

B2B Digital Procurement dengan Metode Tender


Metode kedua yang bisa kamu lakukan adalah pengadaan barang atau jasa dengan cara membuka tander. Metode ini juga terbilang sering diterapkan. Kegiatan membuka tander ini sebenarnya bertujuan untuk mengumpulkan berbagai vendor demi mendapatkan penawaran yang lebih baik. Vendor yang memenangkan tander secara otomatis akan menjadi mitra bisnis.

Bahkan saat ini sudah banyak sekali tersedia sistem e-tandering yang dirasa lebih modern jika dibandingkan dengan pembukaan tander pada umumnya. Bahkan secara umum e-tanderning ini hampir sama dengan tander manual. Perbedaannya hanya terletak pada sistem yang tidak langsung karena menggunakan perantara internet untuk pengoperasian dan pendataannya.

B2B Digital Procurement dengan Metode Request for Proposal


Bahkan cara yang satu ini cukup terbilang efektif untuk dilakukan jika sesuai dengan keadaan perusahaan. Pada umumnya permintaan proposal ini sama halnya dengan sebuah permintaan formal yang dilakukan dalam bentuk pengajuan proposal. Bahkan biasanya pengajuan proposal ini juga berkaitan dengan pekerjaan jasa.

Pengajuan proposal ini biasanya akan diajukan ke berbagai vendor yang sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan sebagai pihak yang mengajukan proposal. Dari sekian banyak pengajuan proposal yang disebar dan ada vendor yang tertarik untuk bekerja sama, biasanya mereka diharuskan untuk melalukan penawaran secara detail.

B2B Digital E-commerce Requestfor Quotation

Metode yang satu ini merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan. Pasalnya pengajuannya tidak menggunakan proposal resmi. Melainkan perusahaan akan memilih 3 vendor terbaik untuk menerika penawaran. Jadi vendor yang memiliki penawaran mudah dengan kualitas terbaik akan menjadi pemenangnya.

B2B Digital Procurement dengan Metode Vendor Tunggal

Metode pengadaan barang atau jasa yang bisa digunakan selanjutnya adalah metode vendor tunggal. Pada metode pengadaan yang satu ini tidak akan ada kompetisi yang bertujuan untuk memenangkan tender. Namun nyatanya metode yang satu ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi dan situasi tertentu.

Itulah beberapa metode pengadaan barang atau jasa yang bisa dilakukan. Pada umumnya setiap perusahaan mempunyai tujuan tersendiri untuk memilih metode procuremen yang diinginkan. Namun apapun metodenya ajukan saja ke Mbizmarket sebagai salah satu solusi pengadaan barang atau jasa secara online terpercaya di Indonesia. 

0 komentar:

Post a Comment