5 Cara Merawat Aki Motor Agar Awet

Aki Motor

Aki motor menjadi salah satu komponen yang penting. Karena aki motor menjadi penentu apakah sebuah kendaraan bisa berjalan dengan baik ataupun tidak. Komponen yang terdapat pada aki memiliki fungsi untuk menyuplai aliran listrik ke berbagai komponen listrik yang terdapat dalam sebuah motor, misalnya electric starter, lampu, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah mengapa merawat aki motor sangatlah penting, agar tidak mudah rusak dan Anda dapat menikmati perjalanan dengan lancar. Bagi yang memiliki motor jenis matic, tentu sangat kerepotan jika aki tiba-tiba rusak, karena perlu untuk distandard 2 terlebih dahulu  memakai kick starter untuk menyalakan. Ketika Anda sedang melakukan perjalanan di malam hari, lalu tiba-tiba aki rusak, juga bisa berpengaruh lampu, maka dari itu, Anda perlu untuk merawatnya dengan baik.

Jika Anda ingin membuat aki selalu awet dan tidak mudah rusak, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Melihat aksesoris motor yang ada
Ternyata memperhatikan aksesoris motor menjadi poin dalam merawat aki. Terkadang ada sepeda motor yang menggunakan aksesoris yang berlebihan. Nah jika motor Anda juga sama, lebih baik mulai sekarang dilepaskan. Karena penggunaan aksesoris berlebihan yang menempel pada motor khususnya yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu variasi dan klakson variasi, juga bisa berpengaruh pada aki.

2. Hindari memaksa starter elektrik
Tips selanjutnya yaitu menghindari untuk menyalakan starter yang elektrik dengan cara paksa. Jad ketika Anda ingn menghidupkan starter namun ternyata tidak bisa lebih baik jangan dipaksakan, apalagi untuk motor yang memiliki aki basah. Cara yang benar adalah dengan memakai starter kick terlebih dahulu lalu baru nyalakan motor Anda.

3. Mengecek terminal aki
Tentu setiap orang ingin memiliki aki yang bagus dan berkualitas sehingga tidak mudah rusak. Nah, cara selanjutnya merawat aki yaitu dengan selalu memeriksa kedua terminal aki. Cek dengan cermat apakah ada yang bocor atau mungkin baut yang terpasang terlalu kencang. Pastikan aki tidak bocor, karena hal ini sangat berbahaya bagi pengendara motor tersebut.  

4. Cek kiprok
Memeriksa kondisi kiprok motor juga menjadi bagian dari cara merawat aki motor. Jika Anda belum mengetahui, fungsi dari kiprok adalah sebagai regulator yang akan menghubungkan listrik ke dalam air terutama di bagian pengisian. 

Bagaimana cara mengetahui kiprok masih dalam keadaan bagus atau tidak? Caranya sangat mudah yatu dengan melihat lampu sein atau lampu utama masih redup atau tidak.

5. Mengecek ketinggian air
Jika motor Anda memakai aki basah, cara merawat aki tersebut agar awet yaitu dengan memperhatikan ketinggian cairan yang ada. Kondisikan cairan di dalam aki tidak melebihi batas atas dan jangan sampai melebihi batas bawah. Jika cairan sudah dibawah batas bawah, maka Anda perlu segera menambahkan cairan aki, namun hindari pula melebihi batas atas.

6. Rutin menyalakan motor
Tips terakhir merawat aki agar selalu awet dan tidak cepat rusak yaitu dengan menyalakan motor minimal setiap hari. ini bertujuan agar sel yang terdapat di dalam aki tidak kering ataupun mati.

Demikian beberapa cara mudah dalam merawat aki motor agar selalu dalam keadaan baik dan tidak mudah rusak. Tentu untuk melakukan hal tersebut, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus, karena siapapun bisa melakukannya dengan mudah. Hal yang terpenting adalah Anda sering melakukan hal-hal di atas agar kondisi aki bisa terus terjaga.

0 komentar:

Post a comment