Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Bau Mulut

Dalam pergaulan sehari-hari banyak dari kita tidak menyadi pentingnya menjaga bau mulut dan bau badan.  Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi dan mulut serta bau badan. Diantaranya yaitu keringat berlebihan dan makanan yang dikonsumsi serta pembusukan gigi yaitu kondisi yang sering terjadi disebabkan permukaan gigi yang berlubang. Ada juga permasalahan plak gigi, untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau mulut dan badan.

Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan


Cara paling mudah untuk menghilangkan atau mengurangi bau badan saat ini ialah dengan cara menjaga makanan dan juga pakai deodoran setiap hari secara teratur semisal deodoran Rexona. Ya caranya cukup simpel kan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut


Mengingat gigi dan mulut memiliki peran penting sebagai sarana tubuh mengonsumsi makanan untuk hal ini caranya lebih kompleks daripada menghilangkan bau badan diatas, Anda perlu mengetahui masalah apa saja yang bisa terjadi pada gigi. Ini dia beberapa masalah gigi yang biasa muncul :

1.      Gigi berlubang
Adanya plak gigi atau sisa-sisa makanan pada gigi bisa membuat bakteri muncul dan menghancurkan email atau lapisan terluar gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu jika mendapati ada plak, sebaiknya Anda segera mencari cara menghilangkan bau mulut yang tepat agar tidak menimbulkan gigi berlubang.

Untuk mencegah munculnya gigi berlubang Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini :
a.      Menyikat gigi dengan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride dua kali sehari secara rutin
b.      Membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss)
c.       Berkumur dengan obat kumur yang memiliki kandungan fluoride
d.      Memeriksakan gigi ke dokter secara rutin, setidaknya dua kali setahun
Bakteri juga bisa terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi, selain pada permukaan gigi. Nah, Anda bisa membersihkan dengan lembut secara rutin untuk mengurangi bau napas yang tidak sedap. Akhiri dengan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik yang bisa menunjang kebersihan mulut dan nafas bisa semakin segar.

2.      Gigi sensitif
Permasalahan gigi sensitif dikarenakan penipisan yang ada di lapisan terluar gigi atau biasa disebut dengan email. Penipisan ini menjadikan lapisan tengah gigi terbuka dan terpapar. Keadaan lain yang juga menyebabkan gigi sensitif adalah menyikat gigi dengan tekanan terlalu kuat, adanya lubang pada gigi, gangguan pada gusi, gigi patah atau keropos, atau akar gigi yang sudah terpapar makanan panas maupun dingin.

Biasanya dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan penyebab dari gigi sensitif ini. Misalnya perawatan akar gigi, pembuatan mahkota jaket, atau penambalan. Selain itu, Anda juga bisa memakai pasta gigi untuk gigi sensitif agar gejala bisa lebih berkurang.

3.      Tumbuhnya gigi bungsu
Gigi bungsu yang tumbuh bisa memunculkan rasa sakit dan masalah lain. Gigi bungsu ini akan tumbuh ketika memasuki usia dewasa, yaitu 17 hingga 23 tahun. Ketika gigi bungsu ini tumbuh dalam keadaan miring, makanan bisa masuk ke dalamnya, dan menyebabkan lubang gigi menjadi sulit untuk dibersihkan.

Bukan hanya gigi bungsu yang akan sakit, lubang juga akan muncul pada gigi sebelahnya yang terjejal makanan. Masalah lain yang bisa muncul ketika memiliki gigi bungsu adalah radang pada gusi.

Setelah mengetahui beberapa masalah gigi yang bisa muncul, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mencegah agar kondisi tersebut tidak terjadi. Ini dia beberapa cara untuk mencegah masalah pada gigi, diantaranya :

1.      Jangan terburu-buru
Ketika menyikat gigi, jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya. Anda bisa memberi waktu kurang lebih 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi, pada bagian samping kanan, samping kiri, dan bagian depan.

2.      Menjaga pola makan
Anda bisa membatasi mengonsumsi makanan dan minuman asam, misalnya yoghurt, minuman soda, dan jeruk asam. Hal tersebut ternyata bisa mengikis sebagian email. Selain itu, makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan minuman dengan soda bisa meningkatkan resiko gigi berlubang dan abses gigi. Batasi mengonsumsi hal-hal tersebut agar gigi dan gusi bisa tetap sehat.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan bau badan dan beberapa permasalahan gigi dan cara mencegahnya. Jika Anda memiliki masalah dengan plak gigi, perlu untuk mengetahui cara menghilangkan plak gigi dengan tepat. Dengan begitu gigi dan mulut bisa terjaga kebersihannya.

0 komentar:

Post a Comment