Atasi Rasa Nyeri Akibat Gigi Berlubang Dengan Bahan Alami


Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang menjadi hal yang paling umum ditemui di Indonesia. Bisa dilihat tingkat penderita gigi berlubang sangat tinggi di Negara ini. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya kesadaran tentang kesehatan gigi.

Tidak heran jika banyak program edukasi kebersihan mulut diselenggarakan di sekolah-sekolah, karena hal tersebut memang harus diajarkan sejak dini. Jika kesadaran tidak ditumbuhkan,maka resiko dari terkena gigi berlubang juga semakin tinggi.

Penyebab dari masalah ini adalah asam yang diproduksi oleh bakteri yang memakan gula dari makanan yang sudah kita konsumsi. Asam tersebut bisa merusak gigi. Jika tidak segera ditangani, gigi yang berlubang bisa menyebabkan infeksi. Ada pula yang mengaitkannya dengan penyakit lainnya.

Untuk itu jika Anda memiliki gigi yang berlubang, sebaiknya segera ke dokter gigi. Nantinya dokter akan mengecek sehingga bisa melanjutkan tindakan tepat untuk menangani gigi yang berlubang. Nah, jika Anda sudah merasa nyeri ketika gigi sudah berlubang, ada beberapa cara mengatasi rasa sakit dengan beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah. Berikut informasinya:

1.      Garam
Anda bisa menggunakan garam untuk mengobati gigi yang berlubang. Garam memiliki kandungan antiseptic dan antibakteri. Anda bisa memakai air garam untuk obat kumur. Fungsinya untuk mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi adanya infkesi, dan mencegah bakteri berkembang di dalam mulut.

Caranya sangat mudah :

a.      Anda bisa melarutkan 1 sendok teh garam di dalam segelas air hangat. Kumur dengan larutan tersebut hingga semua bagian mulut terkena, kurang lebih selama satu menit. Nah, fokuskan berkumur pula pada bagian yang terdapat gigi yang berlubang. Anda bisa melakukan hal ini 3 kali dalam sehari hingga gejala mulai mereda (jika terdapat nyeri gigi)

b.      Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh dan sari lemon. Anda bisa mengoleskan campuran tersebut dengan memijat gusi kurang lebih selama beberapa menit. Setelah itu, berkumur dengan air hangat. Ulangi hal ini 2 kali dalam sehari dan dalam waktu beberapa hari agar bakteri bisa hilang.

2.      Bawang putih
Ternyata bawang putih bisa berfungsi untuk antibakteri dan sangat disarankan untuk mengatasi permasalahan gigi yang berlubang. Selain itu, bahan ini juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ada karena gigi yang berlubang serta bisa membuat gusi dan gigi menjadi lebih sehat.

 Cara mengaplikasikannya sebagai berikut :

a.      Sediakan 3 hingga 4 siung bawang putih dan seperempat sendok teh garam. Lalu oleskan di gigi yang berlubang atau yang terkena infeksi. Biarkan hingga 10 menit. Jika sudah kumurlah dengan obat kumur. Anda bisa melakukan hal ini dua kali sehari dalam beberapa minggu untuk mengurangi peluang penyebaran dari gigi yang berlubang.

b.      Cara lain yaitu dengan memakan bawang putih mentah. Banyak orang mengakui hal ini bisa memberikan hasil yang efektif.

3.      Licorice (akar manis)
Licorice atau akar manis mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi. Ternyata terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavana. Senyawa tersebut merupakan antibakteri yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Tidak hanya itu, akar manis ini juga bisa mengurangi plak gigi.

Caranya mudah, Anda bisa memakai bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda juga bisa memakai langsung batangnya yang lembut untuk menyikat gigi.

Demikian beberapa cara untuk mengobati rasa nyeri akibat gigi berlubang. Tentunya hal ini bisa menjadi pertolongan pertama ketika Anda mengalami sakit gigi namun masih belum bisa periksa ke dokter gigi.

0 komentar:

Post a comment