5 Tips Mudah Mengatasi Balita Susah Makan


Balita Susah Makan


Tips Mudah Mengatasi Balita Susah Makan Di Rumah - Saat anak anda mulai belajar makan, kemudian mengenal cita rasa, biasanya adakalanya ia menjadi susah makan. Sebagian besar ibu akan mengalami hal ini. Seringkali, karena kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana cara mengatasi balita susah makan , banyak para ibu yang merasa stres dan frustasi. Sebenarnya, saat si kecil mulai menurun nafsu makannya, bisa jadi ada sebab atau alasan yang membuat ia jadi seperti demikian. Ibu tidak perlu cemas, lakukan beberapa tips berikut ini terlebih dahulu agar anak mau makan kembali.

1.       Buat Hidangan Yang Menarik

Tips pertama untuk mengatasi balita susah makan ialah dengan membuat menu masakan yang menarik. Anak-anak cenderung merasa cepat bosan, terlebih jika ia disuguhkan dengan menu yang sama. Variasikan menu masakan untuk si kecil kemudian hias atau bentuk hidangannya menjadi menarik agar ia penasaran dan mau makan. Nasi bentuk karakter yang dipadukan dengan sayuran dan juga telur adalah salah satu contoh menu yang bisa dicoba. Gunakan cetakan karakter khusus untuk membuat tampilan hidangan jadi lebih menarik.

2.       Terapkan Porsi Kecil Namun Sering

Tidak perlu memaksakan anak untuk makan dalam porsi yang banyak. Hal ini, selain kurang baik bagi organ pencernaannya, juga bisa membuat si kecil merasa terlalu kenyang. Cobalah untuk menerapkan tips pemberian makanan dengan cara porsi kecil namun dengan intensitas yang sering. Meski dalam jumlah yang sedikit, ibu tetap bisa mengupayakan kebutuhan gizi dan nutrisinya tetap terpenuhi dengan memilih jenis-jenis makanan apa saja yang akan disajikan. Pastikan menu mencakup kebutuhan energi, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

3.       Ganti Makanan Namun Dengan Nilai Gizi Yang Sama

Terkadang, anak tidak suka dengan beberapa jenis makanan tertentu. Jika hal ini terjadi, ibu dapat mengatasinya dengan cara mengganti makanan yang tidak disukai anak dengan jenis makanan lain namun dengan nilai gizi yang sama, sebagai contoh jika anak tidak suka dengan daging sapi, maka bisa menggantinya dengan ikan.

4.       Sediakan Cemilan Bergizi Dan Sehat

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada balita susah makan, tidak harus selalu dari makanan utama namun dapat juga diupayakan dari cemilan yang ia makan. Untuk itulah, para ibu hendaknya menyediakan cemilan yang tidak hanya sekedar nikmat, tetapi juga sehat bergizi. Jenis cemilan yang sehat dan baik untuk balita adalah buah-buahan. Olahan dari buah-buahan bisa menjadi alternatif pilihan lainnya untuk cemilan di rumah, sebut saja seperti salad buah, pudding buah dan minuman jus.

5.       Lakukan Kegiatan Makan Dengan Nyaman

Terkadang, alasan balita susah makan karena merasa tidak nyaman. Untuk mengindari hal ini, perlu memperhatikan kondisi anak saat hendak makan. Usahakan untuk membuat anak merasa nyaman terlebih dahulu, bisa dimulai dari tempat duduk anak, kondisi sekitar tempat makan dan lainnya. Jika anak sudah merasa nyaman, tentu ia akan lebih mudah memberinya makan.

                Nah, itu tadi 5 tips atau cara mengatasi balita susah makan yang bisa ibu coba terapkan di rumah. Semoga informasi tadi bisa membantu si kecil dalam meningkatkan nafsu makannya sehingga ia bisa tetap sehat terjaga, dan yang lebih penting agar kebutuhan nutrisi anak selama masa pertumbuhan tetap terpenuhi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Salam!

0 komentar:

Post a comment