Mau Tetap Nyaman Berolahraga Saat Menstruasi? Begini Caranya!

Pakaian Olahraga Wanita
Gambar Ilustrasi
Menstruasi bukanlah halangan untuk beraktivitas secara produktif sepanjang hari.
Memang sih tak sedikit wanita yang mengalami keluhan fisik saat menstruasi. Namun sebenarnya hal ini bisa diatasi secara efektif. Salah satu cara praktis agar tetap bersemangat saat menstruasi adalah berolahraga secara rutin. 

Kita tetap bisa melakukan bermacam-macam olahraga ketika sedang menstruasi. Tubuh akan menjadi lebih bersemangat dan bugar dengan olahraga teratur. Kita pun bisa melewati masa menstruasi dengan mood yang baik dan produktivitas yang tak terganggu. Kalau ingin tetap nyaman berolahraga saat menstruasi, ini dia cara-caranya. 

Menentukan Durasi Olahraga
Durasi olahraga saat menstruasi bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh. Ketika merasa tak enak badan, lakukan saja olahraga singkat dengan durasi 20 hingga 30 menit. Sementara bila tubuh masih fit dan sanggup berolahraga seperti biasa, kita bisa melakukan sesi olahraga selama 1 hingga 1,5 jam. 

Memilih Jenis Olahraga yang Tepat
Tidak semua olahraga cocok dilakukan ketika sedang menstruasi. Pilih saja olahraga yang gerakannya santai dan tidak membuat tubuh mudah lelah. Kita bisa melakukan yoga, pilates, jogging, zumba, atau aerobik sesuai selera. Tubuh akan aktif bergerak tetapi energi tak akan terkuras habis. Kita akan tetap bersemangat sewaktu sesi olahraga sudah selesai. 

Tubuh Butuh Energi Cukup Sebelum Berolahraga
Sesaat sebelum berolahraga, kita wajib mengonsumsi makanan dengan porsi kecil. Karena tubuh butuh energi yang cukup sebelum berolahraga. Menyantap buah-buahan, oatmeal, atau sedikit kacang panggang akan membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga. Kita pun tak akan kesulitan menyelesaikan sesi olahraga secara lancar kalau tak terganggu rasa lapar. 

Jangan Lupa Pemanasan
Risiko kram perut dan cidera lainnya ketika berolahraga di masa menstruasi bisa diminimalkan dengan pemanasan. Jangan malas melakukan pemanasan dari kepala hingga ujung kaki. Supaya semua otot-otot tubuh jadi lebih rileks dan siap melanjutkan sesi olahraga yang intensitasnya lebih berat. 

Harus Banyak Minum Air Putih
Tubuh harus terhidrasi dengan baik selama berolahraga. Jangan sampai aktivitas olahraga dan menstruasi malah rentan mengakibatkan dehidrasi. Kita harus minum air dalam jumlah cukup sebelum, saat, dan setelah selesai berolahraga. Batasi konsumsi minuman dengan tambahan perasa supaya tidak membuat tubuh menimbun kalori berlebihan. 

Menggunakan Pakaian yang Nyaman
Pakaian olahraga wanita yang nyaman akan ikut mempengaruhi mood kita saat berolahraga. Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat dan warnanya cenderung gelap. Agar kita tidak khawatir dengan risiko tembus saat berolahraga di masa menstruasi. Pakaian olahraga yang nyaman dan lentur akan menbuat kita leluasa bergerak. Tetap energetic saat menstruasi bukanlah hal mustahil.


Wanita modern yang peduli kesehatan tentu memahami cara menjaga kebugaran dengan tepat ketika sedang dalam masa menstruasi. Karena menstruasi bukanlah halangan untuk bersemangat dan produktif sepanjang hari. Olahraga apa yang akan jadi pilihan di masa menstruasi?

0 komentar:

Post a comment