Penjelasan dan Pengertian Tentang Alergi Susu?

Alergi Susu

Mungkin anda belum mengetahui apa itu alergi susu yang biasanya terjadi pada anak? Gejala yang satu ini merupakan alergi makanan yang biasa terjadi pada anak-anak. Salah satu penyebab dari alergi ini yaitu alergi pada susu baik susu sapi, susu kambing dan juga yang lainnya.  biasanya gejala yang satu akan terjadi setelah beberapa menit meminum susu. Untuk gejala awalnya bervariasi, mulai dari gejala yang ringan sampai gejala yang parah seperti terjadinya muntah, kemudian kulit kemerahan dan juga terjadi masalah pada pencernaan. Bahkan alergi yang satu ini bisa mengancam jiwa anak. 

Terdapat penyebab terjadinya alergi susu yaitu sistem imun pada tubuh anak kurang berfungsi. Sistem imun sangat penting karena bisa mengindentifikasi protein pada susu karena akan menghasilkan antibody imunoglobulen E yang bisa menetralisir protein. Antibody ini bisa mengenali protein dan memberikan sinyal untuk mengeluarkan histamine yang bertanggungjawab membentuk reaksi alergi. 

Terjadinya reaksi alergi juga bervariasi diantaranya yaitu terjadi reaksi secara langsung. maksudnya yaitu terjadi dalam hitungan menit setelah si anak meminum susu tersebut. terjadi beberapa gejala diantaranya yaitu terjadinya gatal-gatal pada seluruh bagian tubuh, kemudian terjadinya eksim pada kulit, kemudian wajah membengkak, bersin, muntah, diare bahkan terjadinya reaksi anafilaksis yang membutuhkan terapi menggunakan suntikan epinefrin yang memiliki gejala seperti berikut yaitu susah bernapas karena menyempitnya saluran pernapasan, wajah merah-merah dan gatal dan juga turunnya tekanan darah.

Reaksi yang kedua yaitu reaksi alergi secara tertunda, maksudnya yaitu gejala alergi terjadi beberapa jam dan bahkan sampai beberapa hari setelah meminum susu tersebut. gejalanya hamper sama dengan gejala yang disebutkan tadi. Dengan alergi ini, maka anak akan terganggu pertumbuhannya. Selain itu juga pada kotoran si anak kadang  terlihat darah. 

Untuk mencegah bayi alergi ini, anda bisa menggantinya dengan susu yang lainnya seperti susu kedelai, akan tetapi apabila si anak sudah alergi pada susu sapi, maka pada susu kedelai pun si anak akan mengalami alergi juga , untuk itu anda bisa datang ke dokter anak untuk berkonsultasi agar si anak mendapatkan pengobatan. 

1 komentar: