CocoroLife

Tips Aman Memilih Tempat Tidur Bayi


Ingin menyambut kelahiran si buah hati ? Ada banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut si buah hati. Persiapan yang dilakukan dengan membeli berbagai perlengkapan untuk buah hati Anda. Salah satu perlengkapan yang dibeli adalah ranjang untuk buah hati Anda. Pembelian ranjang bayi dilakukan karena ada beberapa orang tua yang untuk menidurkan anaknya di ranjang terpisah. Hal ini dilakukan untuk membuat anaknya lebih mandiri. Untuk memilih ranjang bayi hendaknya yang bisa diletakkan satu kamar dengan ibu. Dengan menidurkan bayi di ranjang terpisah namun masih dalam satu tempat dengan ibu. Maka akan membantu ibu dapat mengontrol bayi lebih mudah. Berikut ini ada beberapa tips membeli tempat tidur bayi yang benar dibawah ini:
  
1. Tidak ada pintu samping
Saat membeli ranjang untuk bayi Anda harus memperhatikan mengenai keamanannya. Disarankan tidak memilih ranjang bayi yang memiliki pengait pada bagian sampingnya. Hal ini karena apabila bayi sudah bisa membukanya karena mengetahui caranya dari kebiasaan setiap harinya maka tentu saja akan membahayakan keselamatan bayi Anda. Dengan demikian diharapkan hal ini lebih diperhatikan oleh para orang tua.

2. Bahan yang digunakan
Dalam memilih bahan dari ranjang hendaknya dipilih dengan bahan stainless steel. Hindari pemakaian bahan dari besi hal ini karena pemakaian bahan ini akan menyebabkan terjadinya karat. Tentu sangat membahayakan bayi apabila ada larutannya. Saat memilih ranjang bayi usahakan yang memilih ukuran sesuai dengan umur bayi. Pilih ranjang yang pas dengan tubuhnya sehingga tidak membuat bayi menjadi stress.

3. Memiliki roda
Pada ranjang bayi hendaknya dipilih yang memiliki roda. Dengan memilih tempat tidur bayi yang memiliki roda tentu saja akan membantu ibu untuk memindahkan tersebut kemanapun yang diinginkan. Namun pada saat menggunakan ranjang tersebut usahakan selalu dalam keadaan terkunci. Dengan untuk selalu dalam keadaan terkunci akan membantu mengamankan bayi Anda. Tentu saja akan membantu dalam menghindari bayi untuk bergulir tanpa sepengetahuan orang tua.

4. Kualitas kasur
Hendaknya memilih jenis ranjang yang menggunakan kasur yang berkualitas dan tahan air. Selain itu usahakan jenis kasur yang digunakan tidak terlalu empuk. Hal ini karena untuk melindungi bayi agar wajahnya tidak mudah terbenam. Dengan demikian tak akan dengan mudah terkena syndrome SIDS. Sehingga membuat bayi Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

5. Mur yang kuat pada ranjang bayi
Dalam memilih mur pada tempat tidur bayi hendaknya menggunakan jenis ranjang yang kuat. Dengan memilih jenis ranjang yang kuat akan membantu agar ranjang tidak mudah jatuh. Untuk itu ada baiknya pastikan mur terpasang dengan kuat dan rapi. Disarankan untuk tidak dekat stop kontak listrik dengan demikian akan memuat bayi menjadi lebih aman. Sehingga tidak mudah terkena aliran listrik yang membuat anak mudah tersengat aliran listrik.

0 komentar:

Post a Comment