CocoroLife

Cara Menidurkan Bayi dengan Mudah

Menidurkan Bayi


Ingin menghindarkan bayi dari kesulitan tidur? Bayi umumnya akan lebih sering tertidur pada siang hari. Sedangkan pada malam harinya biasanya akan lebih banyak begadang. Untuk itu banyak ibu yang melakukan kesalahan saat membantu untuk bayi agar tidur lebih cepat. Beberapa kesalahan yang dilakukan antara lain menggendongnya saat menangis pada malam hari, memberi bayi makanan saat malam hari, terlalu banyak digendong, mengempeng dot dan bingung ketika pagi dan malam hari. Untuk membantu agar bayi dengan mudah tertidur mulailah dengan mulai untuk membantu bayi menjadi lebih mudah tidur dengan cara yang benar. Berikut ini cara menidurkan bayi dengan mudah yang harus dilakukan:

1. Membiarkan menangis lima menit
Dalam membantu dalam membuat bayi lebih mudah tertidur mulailah dengan membiarkan menangis selama lima menit. Ada baiknya jangan langsung menggendong ketika menangis pada waktu tidur malam. Dengan membiarkan bayi menangis dalam jangka waktu malam hari dengan langsung menolongnya. Biarkan sejenak dan putar lagu yang membuatnya menjadi tenang. Ciptakan suasana yang lebih nyaman dan tenang saat malam hari. Tujuannya agar dapat membantu anak membedakan antara tidur malam dan siang hari. Pastikan bahwa saat siang hari Anda harus menyalakan lampu dan malam hari dengan mematikannya.

2. Memaksimalkan kedekatan antara ibu dan anak
Pada saat malam hari bayi Anda menangis dan terbangun jangan langsung menggendongnya. Perhatikan terlebih dahulu mengenai reaksi bayi Anda apakah terpejam kembali atau pun bangun dengan mudah. Dengan melihat mengenai reaksinya tentu saja dapat dilakukan langkah untuk menenangkan. Misalnya saja mengusap kepalanya, memberikan asi atau pun memeluknya. Dengan memperhatikan mengenai kedekatan antara ibu dan anak tersebut. Tentu saja tak hanya tidur yang lebih mudah namun hubungan yang dihasilkan menjadi semakin erat.

3. Tidak selalu tergantung
Apabila bayi Anda menangis atau pun mengantuk jangan langsung menolongnya. Mulailah dengan memberikan ruang untuk bayi lebih mandiri. Terlebih apabila Anda yang memiliki kesibukan bekerja atau pun menjalani pekerjaan rumah tangga sendiri. Biarkan sejenak bayi Anda di tempat tidur saat mengantuk. Dengan membiarkan seperti ini akan mengajarkan anak lebih mandiri. Sehingga ketika dewasa kebiasaan dari menidurkan bayi ini akan terus dibawanya dengan lebih mudah.

4. Membiasakan jadwal tidur yang menyenangkan
Anda bisa mengajarkan anak untuk dapat tidur dengan lebih menyenangkan. Dengan menjalani tidur dengan menyenangkan tentu saja akan membuat bayi dapat menjalani ritme tidur lebih maksimal. Menjalani tidur menjadi lebih menyenangkan dapat dilakukan dengan mandi air hangat, menggunakan tidur dengan lampu yang redup dan membacakan buku cerita untuk dapat membuat bayi mudah mengantuk.

5. Tidur dalam keadaan tenang
Isi perut bayi Anda agar lebih kenyang sehingga dapat menidurkan bayi lebih maksimal. Dengan mengisi perut hingga kenyang akan membantu dalam menjadikan tidur anak menjadi lebih berkualitas. Untuk itu pastikan bahwa sebelum tidur mulailah dengan mengisi perut lebih dahulu. Berikan makanan yang bergizi yang mengandung banyak serat sehingga membuat bayi kenyang lebih lama. Untuk malam hari apabila masih terasa lapar Anda bisa memberikan ASI eksklusif.

0 komentar:

Post a Comment